Koleksi - Lektur-keagamaan-kontemporer

  • Wawasan Himpunan Makalah Sarasehan Agamawan Muda
    Di lihat337 Kali

    Wawasan Himpunan Makalah Sarasehan Agamawan Muda

      BY admin

    Para agamawan muda adalah bagian dan sekaligus pewaris bangsa. Mereka memilik peran, tugas dan tanggung jawab yang sangat strategis dala proses pembangunan bangsa. Sasaran yang hendak dicapai dari sarasehan ini ialah terciptanya kualitas kehidupan beragama yang berwawasan kebangsaan dikalangan agamawan muda dan terjalinnya kerjasama anatara mereka yang berbeda agama dalam suasana penuh kerukunan demi menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

    Dalam sarasehan ini, terdapat 16 (Enam belas) topic yang dibahas, yaitu ; 1) Agama dan Pemahaman Ideologi Pancasila, oleh: Dr. H. Zamachsyari Dhofier, MA 2)  Agama dan Pemahaman Ideologi Pancasila, oleh : Prof. Dr. Djaka Soetopo, 3) Agama dan Konvensi Nasional, oleh : Prof. Dr. Malik Fajar, MSc, 4) Agama dan Konvensi Nasional, oleh : Drs. Syaifan Nur, M.A., 5) Memahami Gerakan Agama di Indonesia, oleh : Drs. Munir Mulkhan, SU., 6) Memahami Gerakan Agama di Indonesia, oleh : Dr. Azyumardi Azra, 7) Politik Agama di Indonesia, oleh : Drs. Adabi Darban, SU. 8) Politik Agama di Indonesia, oleh : Prof. Dr. Nazaruddin Syamsuddin, 9) Problematika Keagamaan di Kalangan Generasi Muda, oleh : Prof. Dr. H. Umar Syihab, 10) Problematika Keagamaan di Kalangan Generasi Muda, oleh : Dra. Siti Ruhaini Dzuhayatin, M.A., 11) Agama dan Panggilan Universal, oleh : Drs. St. Sunardi, M.A., 12) Agama dan Panggilan Universal, oleh : Ing. Imam Kuseno Mihardjo, 13) Peranan Agamawan Muda dalam Dalam Menghadapi Tantangan Masyarakat Indonesia di Masa Depan, oleh : Letjen TNI Syarwan Hamid, 14) Peranan Agamawan Muda dalam Dalam Menghadapi Tantangan Masyarakat Indonesia di Masa Depan, oleh : KPH. H. Gondhokusomo, 15) Mencari Aktualisasi Imam Dalam Kepedulian Sosial Dewasa Ini, oleh : Drs. I. Gusti Putu Suryadharma, MS, 16) Mencari Aktualisasi Imam Dalam Kepedulian Sosial Dewasa Ini, oleh : Dr. Jan Kawatu.

    Dari semua tulisan terdapat adanya persamaan pandang bahwa agama tetap merupakan unsur mutlak yang diperlukan dalam upaya membangun bangsa. Oleh karenanya menjadi tugas bagi para pemuka agama untuk memberikan contoh keteladanan dan interpretasi terhadap ajaran-ajaran agama  masing-masing, sehingg sejalan dengan tuntutan kebutuhan umat dan seirama dengan laju perkembangan Iptek.

    PegarangLektur PenerbitProyek Pembinaan dan Pengembangan Pemuda Departemen Agama ISBN- Tahun1998 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra