Koleksi - Lektur-keagamaan-kontemporer

  • Jurnal Lektur Kegamaan
    Di lihat200 Kali

    Jurnal Lektur Kegamaan

      BY admin

    Jurnal “Lektur Keagamaan” Vol 2, No. 1, 2004 terbit dengan tampilan yang sedikit beda. Perubahan dari segi tampilan yang dicanangkan bersifat tetap adalah pemberian abstrak pada setiap tulisan dalam salah satu bahasa, Inggeris atau Indonesia. Tujuannya untuk memudahkan pembaca mengetahui isi tulisan secara sekilas. Perubahan lain pada edisi ini adalah kehadiran artikel dalam bahasa Inggeris. Meski sifatnya mungkin temporal, namun diharapkan tulisan dalam bahasa asing ini (terutama Inggeris dan Arab) dapat lebih dikembangkan di masa mendatang.

    Sementara itu, sebagian terbesar dari tulisan yang dimuat pada nomor ini terkait dengan kajian Al-Quran, meliputi bidang kajian tafsir, metode tafsir, kaligrafi, dan compendium Al-Quran sebagai rujukan peminat studi ini. Dengan membaca serangkaian tulisan yang terbuat di edisi ini, diharapkan pembaca memperoleh pencerahan akademik terkait dengan kajian-kajian tentang Al-Quran.  

    Untuk itu, volume ini memuat 8 (delapan) artikel, yakni, 6 (enam) tulisan hasil kajian dan penelitian, satu tulisan tentang profil penerbitan kelembagaan, dan satu tulisan berupa tinjauan buku. Kedelapan tulisan itu meliputi: 1. Muhammad Galib M, Kesalehan dalam Perspektif Al-Quran; 2. Baharudin, Pandangan Al-Quran tentang Manusia; 3. M. Nur Kholis Setiawan, Keilmuan Humaniora versus Teks Keagamaan: Peluang atau Tantangan; 4. Mochtar Naim, Compendium of The Qur’anic Verses Topically Classified; 5. Ali Akbar, Menggali Khazanah Kligrafi Nusantara: Telaah Ragam Gaya Tulisan dalam Mushaf Kuno; 6. Asep Saefullah, Islamisasi di Indonesia: Telaah Seputar Teori Masuknya Islam; 7. M. Syatibi Al Hqiri, Perkembangan Penerbitan Lektur Keagamaan di Indonesia; 8. M. Hamdar Arraiyyah, Menimbang Tawaran Hermeneutika dalam Menafsirkan Al-Quran..

    Jurnal Lektur Keagamaan merupakan salah satu produk Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, selain Heritge Nusantara, Buletin Khazanah, dan penerbitan buku hasil penelitian dan kajian lainnya. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, jurnal ini menampilkan berbagai tulisan terkait dengan lektur dan khazanah, baik hasil penelitian, makalah ilmiah, timbangan buku, dan lain-lain. Dengan tetap menjaga dan mempertahankan kualitas tulisan dan racikan tulisan yang beragam, Jurnal Lektur diharapkan tetap menarik untuk dibaca, dan dapat menjadi sumber referensi untuk kajian lebih lanjut.[]

    PegarangMuhammad Galib M, dkk. PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan ISBN- Tahun2004 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra