Koleksi - Lektur-keagamaan-kontemporer

  • Sinopsis Buku – Buku Keagamaan Kontemporer Tahun 2010
    Di lihat484 Kali

    Sinopsis Buku – Buku Keagamaan Kontemporer Tahun 2010

      BY admin

    Saat ini informasi mengenai buku-buku keagamaan kontemporer sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dielakan lagi. Dan salah satu upaya yang dilakukan oleh Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI, dalam hal ini Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan adalah dengan pembuatan sipnosis tentang buku-buku tersebut.

    Dalam penyusunan synopsis ini, dibatasi pada buku keagamaan berbahasa Indonesia. Baik karangan orisinil maupun terjemahan. Sedangkan penetapan kelompok judul buku yang disinopsis didasarkan pada pembidangan ilmu menurut Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 110 Tahun1982, yang terdiri dari 9 (sembilan) pembidangan ilmu keislaman. Dan dalam buku ini hanya termuat synopsis dari 8 (delapan pembidangan ilmu keislaman, yaitu : 1) Al-Qur’an dan Hadits (Al-Qur’an Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Hadis, Ilmu Hadis dan Syarahnya), 2) Hukum Islam dan Pranata Sosial : Fikih Ibadah dan Fikih Sosial (Muamalah, Ekonomi Islam, Perbankan Syariah dan sejenisnya), 3) Pendidikan Islam dan Ilmu Jiwa, 4) Dakwah dan Komunikasi, 5) Sejrah dan Peradaban Islam (Agama dan Politik; Studi Naskah dan Filologi; Studi Budaya dan Arkeologi), 6) Pemikiran Islam: AgamA, Etika dan Spiritualitas (Akhlak dan Tasawuf); Kalam (Teologi) dan Akidah; Agama dan Filsafat, 7) Perkembangan Modern dalam Islam: Pembaruan dalam bidang social keagamaan dan politik (Isu HAM dan Demokrasi; Agama, Gender dan keadilan social; Pluralisme agama dan budaya), 8) Sains dan Teknologi dalam Islam.

    Tujuan pokok dalam penyusunan sipnosis ini antara lain menginventarisasi, mendata dan menjelaskan sehingga memudahkan masyarakat untuk mengetahui, meneliti, dan memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas penerbitan buku-buku keagamaan. (NH)

    Pegarang- PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2011 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra