Koleksi - Lektur-keagamaan-klasik

  • Naskah Klasik dan Penerapannya Bagi Kajian Sejarah Islam di Indonesia
    Di lihat1051 Kali

    Naskah Klasik dan Penerapannya Bagi Kajian Sejarah Islam di Indonesia

      BY admin

    Buku ini merupakan salah satu produk Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan dalam pengkajian naskah klasik serta penerapannya. Naskah-naskah klasik hasil karya para pemikir leluhur bangsa yang jumlahnya ribuan dan tersimpan dalam berbagai lembaga, baik lembaga pemerintahan maupun swasta. Dengan adanya kajian dan penulisan, paling tidak buku ini dapat menjadi salah satu dari buku pedoman bagi siapapun yang ingin melakukan pengkajian, khususnya dalam naskah klasik ataupun sejarah.  Dengan demikian, akan semakin banyak kajian mengenai naskah klasik maupun masa kini serta mengenali, memahami dan mengembangkan kajian untuk memperkaya Khazanah Bangsa.

    Berdasarkan data dari berbagai sumber, kita memiliki ribuan naskah ataupun manuskrip yang ditulis dalam berbagai bahasa dan aksara. Namun dari jumlah naskah atau manuskrip yang kita miliki, baru sekitar 10% yang telah dikaji oleh ahlinya. Dalam buku ini diberikan gambaran betapa pentingnya memadukan kedua bidang keilmuan, yaitu filologi dan sejarah yang dapat saling melengkapi dalam kedua bidang keilmuan tersebut. Seperti yang telah diamanatkan dalam UUD 1945, masyarakat, bangsa dan Negara Republik Indonesia diwajibkan memelihara, membina dan mengembangkan kebudayaan yang berkesinambungan dan berkpribadian, untuk menggali nilai-nilai kebudayaan bangsa seperti diatas perlu dipelajari dan dikomunikasikan baik dalam bahasa daerah maupun bahasa nasional agar mudah dibaca dan dipahami.

    Buku ini memberikan gambar secara garis besar mengenai beberapa pengertian, metodologi serta tujuan kedua bidang keilmuan, fisiologi dan sejarah. Dengan cara demikian, histriografi yang bersumber naskah-naskah klasik yang umumnya bernuansa keIslaman dapat lebih bermakna sebagai bacaan dan lektur untuk dikomunikasikan kepada masyarakat masa kini dan mendatang.(NH)

    PegarangDrs. H. Uka Tjandrasasmita PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2012 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra