Koleksi - Lain-lain

  • Hukum Islam dan Ketatanegaraan
    Di lihat205 Kali

    Hukum Islam dan Ketatanegaraan

      BY admin

    Islam merupakan agama yang universal dan komprehensif. Ia hadir ke muka bumi untuk dijadikan pedoman hidup umat Islam. Baik selaku individu, komunitas lecil (masyarakat), maupun komunitas besar (bangsa); baik dalam hubungannya denga sang Pencipta, ataupun hubungannya dengan sesama makhluk ciptaan-Nya, termasuk manusia. Relas-relasi demikian telah dikonsepkan dalam Islam. Kontroversi dalam khazanah pemikiran politik Islam tidak terbatas pada aspek kriteria calon kepala Negara (imam halifat), namun juga merambah pada aspek-aspek konsep pengangkatan kepala Negara.. dalam khazanah ketatanegaraan Indonesia, konsep pengangkatan atau pemilihan kepala Negara dari orde ke orde senantiasa menunjukan dinamikanya tersendiri.

    Pergeseran paradigma (paradigm shift) dalam konsep kenegaraan Indonesia sebagaimana diketahui bersama, bermula dari krisis multi dimensi yang menyeruak kepermukaan Negara Republik Indonesia. Mulai dari krisis moral, krisis ekonomi, dan terakhir krisis politik. Krisis moral dapat ditunjukan dengan maraknya para pejabat public yang tidak amanah atas jabatan yang diembannya. Alih-alih sebagau pelayan public, justru sebaliknya mereka menjadi eksploitator hak public melalui tradisi KKN. Krisis ekonomi sebagai derivasi dari krisis KKN menunjukan pada jatuhnya nilai rupiah atas dollar dan berimplikasi pada tingkat kesejahteraan rakyat. Krisis rakyat yang merupakan akumulasi dari kedua krisis diatas, terjadi pada media 20 Mei-1998, sebagai puncak dari krisis ketatanegaraan Indonesia.

    Buku ini berusaha untuk mengelaborasi peta pemikiran ketatanegaraan Muslim Su,nni pada era klasik yang dikonsepkan oleh Abu Hasan Al-Mawardi dan Ibnu Khaldun, serta Muslim Sunni di Indonesia yang terefleksikan dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 sejak masa kemerdekaan hingga era reformasi.(NH)     

    PegarangDr. Munir Subarman PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2012 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra