Koleksi - Lain-lain

  • Potret Pelaku Dakwah Perkotaan
    Di lihat332 Kali

    Potret Pelaku Dakwah Perkotaan

      BY admin

    Buku ini merupakan hasil penelitian tim Puslitbang Lektur Keagamaan (kini Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan) pada tahun 2002, yang diterbitkan setahun kemudian. Secara umum buku yang memuat tentang profil pelaku dakwah di perkotaan ini dilakukan untuk menjawab 4 (empat) masalah utama. Pertama, menyangkut profil pelaku dakwah yang diminati masyarakat. Untuk ini profil dilihat dari kehidupannya sejak masa kanak-kanak, masa remaja, riwayat pendidikan dan pekerjaan, serta kedudukannya dalam masyarakat. Deskripsi tentang ini dilakukan secara spintas, karena relevansinya dengan aspek kegiatan dakwah di perkotaan dipandang tidak terlalu signifikan.

    Kedua, persiapan para pelaku dakwah dalam menyampaikan pesan yang hendak dilakukan. Dalam hal ini dilihat masalah materi dakwah, bacaan dan referensi, metode yang dipilih dalam dakwah, serta kesesuaian materi dengan tingkat pengetahuan dan kemampuan pendengar. Hasilnya menarik, bahwa hanya sebagian saja dari pelaku dakwah yang menyiapkan bahan dakwah secara serius. Sementara masalah ketiga yang hendak dijawab dalam penelitian ini adalah strategi atau langkah yang menunjang keberhasilan dakwah. Di sini, hampir seluruh pelaku dakwah menjelaskan bahwa strategi yang sangat menunjang keberhasilan dakwah adalah hikmah atau keteladanan dari pelaku dakwah itu sendiri. Selain itu diungkap pula masalah perubahan sebagai akibat dari keberhasilan dakwah.

    Keempat pertyanyaan umum penelitian ini kemudian diterapkan kepada 10 (sepuluh) tokoh pelaku dakwah di perkotaan, meliputi K.H. Mastur Anwar Dini, K.H. Muhammad Djamaluddin Ahmad (Jombang), Drs. H. Sunardi Syahuri (Yogyakarta), Prof. Dr. H. Sulaiman Abdullah (Jambi), Prof. Dr. H. Jalaluddin (Palembang), Drs. H. Sazali Effendy (Medan), H. Muslich Rizza, BA. (Jawa Timur), H. Mohammad Daud Damsier, BA, Drs. H. Tarmizi Muhammad (Pekanbaru), dan K.H. Zamharil Arsyad.

    Dengan mengungkap profil pelaku dakwah di perkotaan ini pembaca dapat mengambil manfaat yang sangat penting, terutama para pelaku dakwah, untuk meningkatkan kualitas dakwahnya, meningkatkan performance-nya, memperluas wawasan keilmuannya dalam bidang agama, meningkatkan pengetahuan tentang ilm bantu yang mendukung kualitas dakwahnya (sosiologi, hukum, psikologi sosial, dan lain-lain), dan sebagainya. []

    Pegarang- PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2003 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra