Koleksi - Sejarah-sosial-keagamaan

  • Sejarah Sosial Kesultanan Ternate
    Di lihat1514 Kali

    Sejarah Sosial Kesultanan Ternate

      BY admin

    Buku ini merupakan salah satu buku terbitan Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, dimana buku ini adalah hasil dari penelitian yang dilakukan di Ternate. Dimasa lampau, pulau ini menjadi pusat Kerajaan Ternate, dan salah satu kerajaan besar diBagian Timur Indonesia. Sehingga sangat perlu bagi kita untuk mempelajari dan memahami sejarah. Dahulu Bapak Proklamator kita berucap “ Jangan Pernah Meninggalkan Sejarah” karena sejatinya Sejarah adalah guru kehidupan. Dan dengan adanya penelitian ini, menjadikan salah satu bentuk usaha dalam melakukan pemeliharaan dan pengembangan budaya dan peradaban bangsa.

    Dahulu ternate menjadi sangat terkenal karena hasil rempah-rempahnya yg sangat luar biasa, serta menjadi barang dagangan yang mempunyai nilai tinggi dimasanya hingga dikenal oleh bangsa-bangsa dibelahan dunia lainnya, hingga disebut “The spice Island”. Bangsa eropa dating ke wilyah Maluku pada abad ke-15, karena rentang waktu yang lama bangsa eropa mempunyai dampak dan pengaruh yang luar biasa kepada kesultanan dan masyarakat, hal ini dapat dilihat dari berbagai peninggalan baik yang berwujud ataupun yang tidak berwujud. Pada system social, ekonomi dan politik puncak hirearki ditempati oleh sultan yang memiliki otoritas tradisional yangtelah diterimanya turun temurun.

    Buku ini mengungkap sejarah kesultanan Ternate dalam aspek social, ekonomi, budaya dan politik. Yang dimulai dari kondisi ternate masa sekarang, system pemerintahan kesultanan Ternate, pendidikan masyarakat, kehidupan perekonomian, social serta budaya. Dengan membaca buku ini, kita dapat mengetahui sejarah, hingga jati diri dari kesultanan Ternate bahkan hubungan Islam di Ternate hingga Islam di Jawa.(NH)

    Pegarang Dr, Fakhriati PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2010 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra