Koleksi - Sejarah-sosial-keagamaan

  • Sejarah Islam di Mandar
    Di lihat1251 Kali

    Sejarah Islam di Mandar

      BY admin

    Buku Sejarah Islam di Manadar ini merupakan hasil penelitian Puslitbang Lektur Keagamaan bekerjasama dengan tim peneliti Lembaga Penelitian UIN Alauddin Makassar. Kami yakin betul bahwa kajian terhadap topic ini bukanlah hal yang mudah. Namun berkat keuletan dan kerja keras, Tim Peneliti dapat menghadirkan sejumlah informasi baru dan tentunya dapat menjadi bahan rujukan, khususnya berkaitan dengan sejarah Islam di Mandar. Kendati lebih banyak berbicara masalah pranata sosial budaya Mandar, namun juga telah member informasi tentang sejarah Islam di wilayah tersebut serta hubungannya dengan daerah luar. Sajian atas bentuk-bentuk akulturasi pada symbol-simbol budaya lokal ternyata cukup membuka mata untuk melihat betapa symbol-simbol adat tersebut sarat dengan makna religius.

    Lebih dari itu, buku ini juga mengandung beberapa hal penting, yakni memperlihatkan dinamika kesejarahan Mandar, terutama menyangkut pranata sosial dan makna-makna yang terkandung dalam symbol-simbol budaya dan keyakinan agama. Selain itu, juga di dalamnya tersajikan dengan cukup cermat dinamika sosial politik mulai dari zaman otoritarianisme Tomakaka hingga ke zaman syiar Islam dengan politik yang lebih demokratis; menginformasikan kepada pembaca tentang Islam masuk secara damai ke Kerajaan Balanipa. Kehadiran Islam di wilayah ini terjadi secara akulturasi intensif antara adat dan Islam yang condong pada nuansa tasawuf. Juga tentang kehadiran Islam yang demikian akomodatif dengan kearifan lokal mampu membuka akselerasi proses islamisasi, sehingga dalam waktu singkat Islam telah mewarna pandangan dunia orang Mandar.

    Dengan butir-butir temuan historis yang penting inilah buku ini disusun secara sistematis ke dalam 5 (lima) bab, meliputi pendahuluan, tentang daerah penelitian, Balanipa dalam Lintasan Sejarah, Islam di Mandar, dan Penutup. Dalam sistematika seperti inilah buku ini kemudian tampil memperkenalkan tentang pranata sosio-kultural di Mandar, stratifikasi sosial di Mandar, asal usul Kerajaan Balanipa, pertumbuhan dan perkembangan kerajaan (arajang) Balanipa-Mandar, struktur birokrasi kerajaan Mandar, hubungan kerajaan Balanipa dan kerajaan di sekitarnya, dan spesifikasi pemimpin dalam ranah kerajaan Balanipa-Mandar.

    Bab penting lainnya yang penting dibaca adalah tentang Islam di Mandar. Bahasan ini mengupas tentang masuknya Islam di Mandar, saluran Islamisasi di Mandar, akulturasi Islam dengan khazanah budaya dan kearifan lokal di Mandar, akulturasi pada symbol budaya dan domain susastera di Mandar.

    Dengan muatan substansi seperti inilah, buku ini hadir dalam kontribusinya yang signifikan.[]

    PegarangDr. Ali Parman, MA, dkk. PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan ISBN- Tahun2010 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra