Koleksi - Sejarah-sosial-keagamaan

  • Sejarah Kesultanan Riau Lingga dalam Perspektif Hukum dan Budaya
    Di lihat915 Kali

    Sejarah Kesultanan Riau Lingga dalam Perspektif Hukum dan Budaya

      BY admin

    Buku “Sejarah Kesultanan Riau Lingga” adalah salah satu terbitan Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan dalam penerbitan sejenis pada pada tahun sebelumnya yang bekerja sama dengan perguruan tinggi Islam (STAIN, IAIN, UIN) dan tenaga ahli serta sejarahwan perguruan tinggi umum diberbagai kota dan daerah. Berdasarkan tulisan dalam buku ini asal usul kesultanan Riau Lingga tidak bisa dipisahkan dari bedirinya sebuah imperium Melayu di Malaka yang sebenarnya berakar dari pelarian anggota kerajaan Sriwijaya setelah mundur pada abad ke 13, pertama ke Singapura dan ke Malaka yang kemudian mengalami proses Islamisasi, sehingga menjadikan Malaka sebagai kerajaan Islam.

    Dalam proses perkembangannya, Kesultanan Riau Lingga sejak kontrak politik 1784 dan diikuti dengan kontrak politik pada tahun – tahun berikutnya, secara pelan tapi pasti kedaulatan dan kekuasaan kesultanan berkurang secara terus menerus. Pengurangan kedaulatan itu dimulai sejak pemerintahan Belanda harus diakui menjadi ‘Patron’ bagi Sultan dan Raja Muda sampai kemudian kesultanan Riau Lingga memperlihatkan budaya persintuhan yang dinamis antara kebudayaan Melayu (lokal) dengan kebudayaan yang bercorak Islam, bercorak Eropa, tetapi disesuaikan dengan kondisi lokal. Hal ini tampak dalam berbagai gaya bangunan, baik bangunan istana, kuburan, masjid, dan benteng pertahanan yang berunsur dan berasitektur percampuran unsur – unsur arsitektur dari kebudayaan yang berbeda.

    Nah, buku yang berbicara tentang Kesultanan Riau Lingga ini. Terdiri dari enam bab, diawali dengan pendahuluan, kemudian pembahasan – pembahasan pada setiap babnya. Secara garis besar buku ini membahas tentang aspek geografis, penduduk dan agama, sejarah pembentukan, struktur birokrasi dan tata kelola pemerintahan, dilanjutkan dengan sistem hukum dan peradilan, serta peninggalan – peninggalan ragam budaya.

    Singkat kata, buku ini penting dibaca [ri]

    PegarangHarto Juwono, dkk. PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2012 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra