Koleksi - Seni-budaya-keagamaan

  • Pengetahuan Budaya, Ilmu-Ilmu Sosial dan Pengkajian Masalah-
    Di lihat391 Kali

    Pengetahuan Budaya, Ilmu-Ilmu Sosial dan Pengkajian Masalah-

      BY admin

    Seperti dinyatakan penyunting dalam pendahuluan, buku ini merupakan kumpulan makalah kuliah yang disampaikan pada kegiatan Pusat Latihan Penelitian Agama (PLPA) angkatan ke-3 (1978/1979) di Jakarta. Kemudian disempurnakan dan ditambah dengan materi perkuliahan yang diberikan pada PLPA angkatan berikutnya, terutama untuk materi pengetahuan budaya, filsafat agama, dan filologi yang diberikan di PLPA angkatan VI (1980/1981) di Jakarta. Karena itu, para kontributor tulisan dalam buku adalah juga para narasumnber dalam PLPA itu, yakni Dr. Parsudi Suparlan, Dr. Soerjanto Poespowardoyo, Prof. Dr. Harun Nasution, Prof. Dr. Haryati Soebadio, Prof. Dra. Siti Baroroh Baried, Prof. Dr. Harsja W. Bachtiar, Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo, Dr. Taufik Abdullah, Dr. Jang Aisah Muttalib, dan Dr. Mely G. Tan.

    Sebagaimana termuat dalam buku ini, masing-masing penulis menyumbangkan makalah sesuai dengan bidang akademiknya masing-masing, yang secara sistematis dibagi ke dalam bidang kajian, yakni pendekatan filsafat dan agama; filologi dan agama; sosiologi dan pengkajian agama; kebudayaan, masyarakat, dan agama; metode ilmiah sejarah dan penelitian sejarah; serta metodologi penelitian. Beberapa kategori kajian memuat beberapa tulisanm, yakni pendekatan filsafat dan agama serta filologi dan agama. Untuk pendekatan filsafat, ada 3 makalah, yakni filsafat dan metode ilmiah, Agama Islam dan pengkajian filsafat, serta agama sebagai sasaran penelitian. Sementara untuk kajian filologi dan agama memuat tulisan Agama sebagai sasaran penelitian filologi, filologi dan naskah untuk penelitian agama Islam, dan sastra melayu dan penelitian perkembangan Islam di Indonesia.

    Mengingat penerbitannya pada tahun 80-an dan merupakan kumpulan makalah kuliah PLPA, buku ini dapat dipandang sebagai pondasi awal terbangunnya tradisi ilmiah dalam penelitian di lingkungan Badan Litbang dan Diklat. Sebagaimana diketahui, melalui PLPA inilah muncul para peneliti handal di Kementerian Agama yang kemudian ikut mewarnai budaya akademik di Badan Litbang dan memiliki jejak dalam dunia birokrasi di Kementerian Agama, seperti Atho Mudzhar, Bambang Pranowo, Ahmad Syafii Mufid, Imam Tholkhah, Moeslim Abdurrahman dan lain-lain.

    Karena itu, meski relatif tipis dan tampil dengan perwajahan yang sederhana, buku ini menjadi sangat berharga dan memberikan kontribusi yang sangat penting bagi terbangunnya program penelitian dan pengembangan di Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Buku yang sangat berharga sebagai monumen akademik kelembagaan.[]

    Pegarang- PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan ISBN- Tahun1981 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra