Koleksi - Lektur-keagamaan-klasik

  • Mushaf-Mushaf Kuno Di Indonesia
    Di lihat1607 Kali

    Mushaf-Mushaf Kuno Di Indonesia

      BY admin

    No                               : 026

    Judul                            : Mushaf-Mushaf Kuno Di Indonesia

    Penulis/Editor               : Drs. Fadhal AR. Bafadhal, M.Sc

    Penerbit                        : Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan

    Tahun Terbit                 : 2005

    Hal                               : 283 + XV

                Buku ini merupakan salah satu buku terbitan Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, dimana buku ini adalah hasil dari penelitian yang dilakukan selama tiga tahun dan dilakukan secara bertahap. Hingga saat ini, hampir tidak ada penelitian yang menghasilkan buku atau monografi yang memaparkan tentang sejarah penulisan Al-Qur’an. Para penulis serta tempat-tempat menulis Al-Qur’an pun vanyak belum diketahui. Adanya penelitian ini, untuk menutupi kelangkaan tersebut serta mengungkap khazanah bangsa khususnya dalam penulisan serta penyebarannya musah kuno di Indonesia.

                Penulisan mushaf Al-Qur’an di Indonesia diperkirakan sudah masuk ke Indonesia sejak abad ke 13 ketika Pasai, kerajaan pesisir pertama di Nusantara memeluk Islam melalui pengIslaman sang raja. Hingga saat ini mushaf tertua di Indonesia ialah mushaf tua diMasjid Agung Banten yang diklaim telah ditulis pada 1553 M, namun belum ada bukti yang mendukung terkait tahun penulisan mushaf tersebut. Lalu yang kedua adalah mushaf yang berada di Ternate, Maluku utara. Penyalinan Al-Qur’an secara tradisional terus berlangsung hungga abad ke 19 atau awal abad ke 20 dan berlangsung diberbagai kota. Warisan penting masa lampau itu kini tersimpan diberbagai perpustakaan, museum, pesantren, ahli waris dan kolektor dalam jumlah yang cukup banyak.

                Nah, dalam buku ini digambarkan hal-hal ynag berkaitan dengan perkembangan sejarah penulisan mushaf Al-Qur’an yang ditulis oleh para penulis Nusantara serta pihak-pihak yang terkait dengan penulisan; untuk mengetahui sejarah penyebaran Islam dan kaitannya dengan penulisan mushaf; untuk mengetahui kaitan penulisan mushaf Al-Qur’an di Indonesia dengan bagian lain dunia Islam. Namun berbagai sisi penting mushaf kuno tersebut sampai saat ini belum banyak diteliti, hingga penelitian ini hadir untuk memenuhi tujuan tersebut.(NH)

    PegarangDrs. Fadhal AR. Bafadhal, M.Sc PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan ISBN- Tahun2005 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra