Koleksi - Lektur-keagamaan-kontemporer

  • Anotasi Buku-buku Keagamaan Kontemporer
    Di lihat922 Kali

    Anotasi Buku-buku Keagamaan Kontemporer

      BY admin

    Buku ini disusun atas kerjasama Puslitbang Lektur Keagamaan dengan Balai Litbang Agama Makassar pada 2006. Penyusunan anotasi ini dilakukan untuk membantu memudahkan para peminat buku, khususnya para peneliti dalam mencari referensi dan kajian pustaka. Dengan tebitnya buku ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan data dan informasi buku keagamaan kontemporer. Secara spesifik anotasi buku dibatasi pada buku-buku keagamaan berbahasa Indonesia, baik terjemahan maupun karya asli penulis Indonesia. Buku-buku ini umumnya diterbitkan dan menjadi bahan bacaan masyarakat, serta menjadi referensi bagi kalangan peneliti dan akademisi. Sementara secara kuantitatif buku ini menganotasi sebanyak 84 buku keagamaan.

    Secara garis besar anotasi buku-buku keagamaan kontemporer ini mencakup bidang kajian yang cukup luas, meliputi akhlak, fikih, tauhid, tafsir dan hadits, sejarah, pemikiran, pendidikan, politik, dan gender. Secara kategoris pembidangan ini memang mengandung problem tersendiri, tetapi dapat memberikan petunjuk yang memadai bagi  pembaca. Meski demikian, penyunting sepertinya mengalami kesulitan untuk konsisten dengan kategorisasi, seperti nampak dari pemuatan tulisan yang terkesan tumpang tindih. Buku Membudayakan Etos Kerja Secara Islam karya Toto Tasmara, misalnya, masuk ke dalam bab tentang pendidikan, tidak diletakkan di Ekonomi. Sementara buku berjudul 128 Karakter Jahiliyah buah karya Syaikh Muhammad ibn Abdul Wahab yang mestinya diletakkan di Tauhid, justru tercecer pada bab tentang Pendidikan.  Contoh ini bisa ditambah dengan cukup banyak penempatan tulisan yang salah kaprah dan tidak konsisten dengan kategorisasi yang dibuat. Selain itu, buku ini terkesan kurang disiapkan dengan baik, antara lain nampak dari banyaknya salah ketik dan struktur penulisan yang sangat mengganggu.

    Tetapi apapun masalahnya, buku ini sangat penting dilihat, setidaknya untuk mengetahui gambaran tentang minat baca masyarakat terhadap buku keagamaan, orientasi keagamaan para penerbit, serta bidang-bidang kajian Islam yang ditulis secara periodik pada setiap tahun. (hr)

    Pegarang- PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Depag RI ISBN- Tahun2007 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra