Koleksi - Sejarah-sosial-keagamaan

  • Tradisi Intelektual Islam Minangkabau ; perkembangan tradisi intelektual tradisional di koto tangan awal abad XX
    Di lihat457 Kali

    Tradisi Intelektual Islam Minangkabau ; perkembangan tradisi intelektual tradisional di koto tangan awal abad XX

      BY admin

    Buku ini adalah hasil penelitian disertasi yang berjudul tradisi intelektual Islam Minangkabau, telaah teks dan konteks manuskrip keagamaan, yang berlatarkan surau Paseban. Buku ini pun berusaha membuktikan bahwa naskah keagamaan di surau yang memiliki fungsi penting terhadap karakter keberagaman masyarakat, yang berhubungan dengan pembentukan dan kelanjutan tradisi keilmuan ulama-ulama, pembentukan ideologi baik praktek maupun pergerakan masyarakatnya, pembentukan kewenangan ulama di tengah-tengah masyarakat.

    Tradisi sosial intelektual Islam di Minangkabau telah mewariskan sejumlah besar perpustakaan berupa naskah-naskah, yang tersebar di surau. Seiring berjalannya waktu surau telah menjalankan proses islamisasi ditengah-tengah masyarakat. Surau dijadikan sebagai sarana tranformasi nilai-nilai keislaman dan kehidupan sosial intelektual masyarakat. Ajaran-ajaran mendasar Islam juga ditemukan disurau bahkan berisi ajaran tasawuf. Proses islamisasi yang terjadi di wilayah Koto Tangah, diajarkan sejumlah pengetahuan keislaman dan tasawuf. Kenyataan ini adalah bukti sebagai lembaga pendidikan.

    Dalam buku ini mengemukakan proses islamisasi di Minangkabau tersebar di surau paseban, surau paseban sebagai pewaris dan penghubung Islam tradisional Minangkabau yang disebarkan oleh Syekh Paseban. Namun pada kenyataannya, terjadi kesenjangaan di masyarakat minangkabau, terpecah antara islam tradisi dan islam modernis. Perlu dilakukan dialog agar kesenjangaan ini tidak terjadi di kemudian waktu.

    Jadi, buku ini sangat penting untuk dibaca. [CA]

    PegarangChoirul Fuad Yusuf (Ed) PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2011 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra