Koleksi - Sejarah-sosial-keagamaan

  • Kesultanan Jambi ; Dalam Konteks Sejarah Nusantara
    Di lihat1600 Kali

    Kesultanan Jambi ; Dalam Konteks Sejarah Nusantara

      BY admin

    Buku ini merupakan salah satu buku terbitan Puslitbang Lektur Khazanah Keagamaan, dimana buku ini adalah hasil dari penelitian puslitbang lektur yang bekerja sama dengan IAIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi. Pengungkapan terhadap pembentukan dan perkembangan kesultanan-kesultanan Islam di Nusantara, termasuk bidang kajian yang agak terlantar, padahal banyak sejarah Nusantara yang ditemukan bersamaan dengan ditemukannya sejarah Kesultanan yang mempengaruhi bentuk budaya dan tradisi Islam local. Termasuk kesultanan Jambi, padahal jambi merupakan salah satu wilayah yang paling awal disinggahi oleh pedagang Muslim dari Arab. Karena itu, fokus dari penelitian ini adalah mengungkap sejarah Kesultanan Jambi.

    Sejarah kesultanan Jambi adalah bahagian dari keseluruhan sejarah Nusantara, yang pada gilirannya juga terkait dengan Islam dikawasan-kawasan lain. Kesultana Jambi terbentuk mulai pertengahan abad ke-15, namun bentuk dan strukturnya masih sangat sederhana dan baru berkembang seiring dengan proses Islamisasi yang berkolaborasi dengan meningkatnya perekonomian Jambi dipusat-pusat perdagangan. Dengan adanya perkembangan tersebut membuat Belanda tertarik untuk mekakukan ekspansi.berbagai usaha telah dilakukan oleh Belanda guna membuat sultan Thaha meneyrahkan Belnanda sepenuhnya dan secara daman. Namun symbol dari pelawanan Jambi adalah dengan pribadi sultan Thaha yang tidak rela memberikan Jambi kepada colonial.

    Buku ini bercerita tentang sejarah kesultanan Jambi. Dijelaskan dimulai dari Jambi dimasa lalu, berdirinya Kesultanan Jambi, serta konflik dengan tetangga. Lalu pembahasan selanjutnya tentang perjuangan Kesultanan Jambi dalam mempertahankan kedaulatan, hingga gugurnya sultan Thaha ketika melakukan perlawanan dengan colonial belanda.(NH)

    PegarangPror. DR. Adrianus Chatib PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2011 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra