Koleksi - Sejarah-sosial-keagamaan

  • Pemikiran Lokal Tuan Guru H.M. Shaleh Hambali Bengkel
    Di lihat441 Kali

    Pemikiran Lokal Tuan Guru H.M. Shaleh Hambali Bengkel

      BY admin

    Buku ini mengungkap dinamika persentuhan Islam dengan tradisi lokal. Deseminasi pemikiran Islam yang dilakukan oleh Tuan Guru Haji Muchammad Sholeh Chambali Bengkel Al-Ampenani mengenalkan kepada masyarakat Sasak, Lombok, tentang tradisi besar Islam sebagai sistem nilai yang bersifat universal. Melalui pengajaran kitab, tradisi besar yang bersifat universal itu diolah dan diadaptasi ke dalam tradisi kecil masyarakat Sasak Lombok, Reformulasi pemikiran Islam Tuan Guru Haji Muchammad Soleh ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat berhasil diungkap secara gambling oleh penulis. Secara kritis penulis juga berhasil memetakan tipologi pemikiran sang tokoh. Pendek kata, buku ini mengkaji secara pemikiran seorang tokoh dengan menggunakan pendekatan kajian hubungan teks pemikiran dan masyarakatnya.

    Siapa TGH. M. Shaleh Hambali Bengkel (1896-1968)? Beliau dikenal sebagai perintis kebangkitan Islam di Lombok. Semangat pemnbaruan keagamaan yang dibawanya diwujudkan dalam bentuk pengajian (teks) dan muamalah (praktek, konteks). Dakwah adaptif yang dilakukannya telah menciptakan hubungan patronase antara pengikut dan pemimpinnya, dan menjadikan deseminasi pemikirannya bersifat kontekstual dan inklusif, sekaligus unik. Unik, karena telah mereformulasi dakwahnya melalui tulisan (kitab) sehingga masyarakat diajak dari “era fatwa” menuju “era baca”. Inklusifitas dan keunikan pemikirannya juga telah menjadikannya sebagai sosok agent of change, seperti nampak dari kunjungan Bung Karno dan Hatta.

    Secara teoretik, penulis berhasil menggunakan keranga pemikiran Rebert Redfield tentang great and little tradition dalam teori deseminasi dan transformasi. Dalam pandangan Redfield, hubungan antara tradisi besar dan tradisi kecil dapat ditunjukkan dalam sebuah karya tentang hubungan antara doktrin Islam dan kebudayaan setempat melalui proses deseminasi dan transformasi.

    Ditulis dalam 7 (tujuh) bab, buku ini diawali dengan pendahuluan, Tuan Guru Haji Muchammad Soleh Chambali Bengkel Al-Lomboki dan karya-karyanya, pemikiran tauhid Tuan Guru Haji Muchammad Soleh Chambali Bengkel Al-Lomboki, pemikiran fikih Tuan Guru Haji Muchammad Soleh Chambali Bengkel Al-Lomboki, pemikiran tasawuf Tuan Guru Haji Muchammad Soleh Chambali Bengkel Al-Lomboki, dan tipologi pemikiran Islam Tuan Guru Haji Muchammad Soleh Chambali Bengkel Al-Lomboki. Buku kemudian diakhiri dengan bab penutup yang terdiri atas kesimpulan dan saran.

    Yang pasti buku ini menarik disimak dan dapat menambah wawasan pembaca.[]

    PegarangAdi Fadli PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2013 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra