Koleksi - Sejarah-sosial-keagamaan

  • Sejarah Kesultanan Banggai
    Di lihat294 Kali

    Sejarah Kesultanan Banggai

      BY admin

    Buku ini merupakan salah satu buku terbitan Puslitbang Lektur Khazanah Keagamaan, dimana buku ini adalah hasil dari kajian dan penulisan oleh penerbit yang bekerjasama dengan perguruan tinggi Islam (STAIN, UIN, IAIN) serta dibantu oleh tenaga ahli dan sejarahwan perguruan tinggi diberbagai kota dan daerah. Berdasarkan data dari berbagai sumber , terdapat banyak kerajaan dan kesultanan Islam yang sebagian besar belum dikenal serta belum dituliskan sejarahnya, termasuk Sejarah Kesultanan Banggai. Maka pengkajian sejarah ini merupakan salah satu wujud kearifan manusia yang hidup untuk kemudian menginformasikannya kepada generasi berikutnya, bahwasanya sebelum mereka , telah hidup orang-orang terdahulu yang memiliki andil besar dalam membangun negeri bersama nilai-nilai kehidupannya.

    Kerajaan Banggai merupakan salah satu kerajaan yang pernah tumbuh dan berkemabang dibumi Nusantara, namun belum mendapatkan perhatian dari masyarakat luas serta dunia, hingga seakan hilang dan tenggelam seiring hilangnya berbagai peninggalan kuno dari Kerajaan. Kerajaan yang berkedudukan disulawesi tengah ini berdiri sejak dinobatkannya Frins Mondapar pada tahun 1600 oleh Sultan Ternate. Sebelum kerajaan Banggai berdiri, telah ada kerajaan-kerajaan yang lebih besar dan sangat tua. Kerajaan inipun tidak lepas dari pengaruh Islam, karena agama ini dijadikan agama resmi kerajaan. Diperkirakan Islam telah ada sejak abad ke VII-VIII, dibuktikan oleh keberadaan perkampungan muslim, penggunaan aksara arab dalam berbagai hal.

    Dalam buku ini dituliskan secara sistematis tentang Sejarah Kesultanan Banggai. Buku ini terdiri dari lima bab, dan ditulis secara detail. Dimulai dari pendahuluan tentang munculnya Islam hingga kerjaan binggai, lalu tentang eksistensi Kerajaan Binggai dan gambaran kehidupan social Budayanya. Dan yang paling penting ialah temuan hasil penelitian Kesultanan Banggai. Hingga akhirnya, buku ini sangat penting dan bermanfaat untuk dibaca.

    PegarangDr. Sofyan Madina, M.Pd., dkk. PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2012 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra