Koleksi - Lektur-keagamaan-kontemporer

  • Sinopsis Buku-buku Keagamaan Kontemporer Tahun 2009
    Di lihat722 Kali

    Sinopsis Buku-buku Keagamaan Kontemporer Tahun 2009

      BY admin

    Penerbitan Sinopsis Buku-Buku Keagamaan Kontemporer Tahun 2009 ini merupakan salah satu kegiatan rutin Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan. Dengan kegiatan ini akan terlihat dengan jelas orientasi keagamaan dan wacana keilmuan dalam bidang sosial keagamaan yang berkembang pada setiap periode tertentu. Demikianlah, sinopsis ini diharapkan dapat memberikan informasi singkat tentang isi dan masalah keagamaan dari buku yang diterbitkan. Selain itu, penyusunan sinopsis dilakukan untuk menginventarisasi, mendata, dan memberikan penjelasan umum substansi buku, sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui, meneliti, dan memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas penerbitan buku-buku keagamaan. Seperti beberapa buku lain yang sejenis, penyusunan sinopsis ini dilakukan terhadap buku keagamaan berbahasa Indonesia, baik berupa karangan orisinal maupun terjemahan yang diterbitkan untuk masyarakat umum, tetapi tidak memuat buku bahan ajar untuk lembaga pendidikan.

    Secara sistematis, buku-buku yang di-sinopsis dikategorisasi berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor 110 Tahun 1982, meliputi 1) Al-Quran dan Hadits, terdiri atas Al-Quran, Ilmu Al-Quran, Tafsir Hadits, Ilmu Hadits dan Syarahnya; 2) Hukum Islam dan Pranata Sosial, meliputi Fikih Ibadah, fikih sosial (muamalah, ekonomi Islam, perbankan syariah, dan sejenisnya; 3) Pendidikan Islam dan Ilmu Jiwa. 4) Dakwah dan Komunikasi; 5) Sejarah peradaban Islam (agama dan politik, studi naskah dan filologi, studi budaya dan arkeologi); 6) Bahasa dan sastra Arab/Sastra Islam; 7) Pemikiran Islam (agama, etika, spiritualitas [akhlak dan tasawuf], kalam [teologi] dan akidah, agama dan filsafat]; 8. Perkembangan Moderen dalam Islam (perubahan dalam bidang sisl keagamaan, pembaharuan dalam bidang politik [termasuk isyu HAM dan demokrasi), masalah agama, gender dan keadilan sosial, pluralism agama dan budaya [kerukunan hidup beragama]; dan 9) Sains dan Teknologi dalam Islam.

    Berdasarkan kategorisasi itulah buku ini kemudian memuat 95 judul buku yang disinopsis. Meski sebagian sinopsis belum sepenuhnya mampu mengungkap isi dan substansi buku secara jelas, seta berbagai kelemahan lain yang bersifat redaksional, buku ini sangat bermanfaat sbagai informasi awal tentang buku-buku keagamaan yang diterbitkan pada 2008. (hr)

    Pegarang- PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Depag RI ISBN- Tahun2010 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra