Koleksi - Seni-budaya-keagamaan

  • Bulletin Khazanah Keagamaan: Ulama dan Tradisi Keilmuan
    Di lihat349 Kali

    Bulletin Khazanah Keagamaan: Ulama dan Tradisi Keilmuan

      BY admin

    Pada edisi ini, Buletin Khazanah Keagamaan menampilkan laporan utama tentang Ulama dan Tradisi Keulamaan. Laporan ini terkait dengan salah satu kegiatan penelitian dan pengembangan, yakni inventarisasi karya ulama. Dari penelitian ini diketahui dengan pasti bahwa produktivitas intelektual ulama di Nusantara  sangat tinggi. Sayangnya, seringkali keberadaan karya tulis para ulama itu tidak terdokumentasi dengan baik, karena tidak semua dari karya-karya itu dicetak dan diterbitkan sebagaimana buku-buku umum lainnya. Bahkan tidak sedikit dari karya-karya tidak diketahui isinya oleh masyarakat secara luas, padahal bisa jadi karya tersebut sangat berharga bagi kehidupan beragama di Indonesia. Dengan penelitian ini tergambar peta pemikiran dan khazanah intelektual ulama Indonesia yang tidak hanya besar dari sisi jumlah, tetapi juga kuat secara kualitas dan beragam dari sisi keilmuan. Selain laporan singkat tentang intentarisasi, ada pula tulisan reflektif terkait ini yakni ulama dan tradisi keilmuan.

    Dalam edisi ini juga terdapat beberapa tulisan lain,yakni multikulturalitas dalam sebuah kamus, diklat penelitian sejarah kesultanan Islam Nusantara: training menguak yang tersembunyi, bedah buku Syarah Konstitusi UUD 1945 dalam Perspektif Islam, minat baca siswa Aliyah terhadap lektur keagamaan, menguak kearifan lokal dalam naskah kuno, diklat penelitian lektur kontemporer, digitalisasi manuskrip keagamaan di bumi khatulistiwa, dan info kelekturan tentang penerbitan disertasi tahun 2011. Seperti biasa, bulletin ini juga memuat beberapa moment foto-foto kegiatan.

    Buletin Khazanah merupakan salah satu produk penerbitan Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, selain Jurnal Lektur (nasional) dan Jurnal Heritage Nusantara (tnternasional). Terbit 3 (tiga) kali dalam setahun, bulletin Khazanah sempat ikut mewarnai lembaga dalam melakukan sosialisasi produk lektur dan khazanah. Sebagai bulletin, media ini lebih memuat tulisan-tulisan pendek tentang aktifitas lembaga, seperti seminar, workshop, informasi keluarga Lektur (mengucapkan selamat atas promosi, menyampaikan dukacita atas musibah, atau membuat pemberitahuan singkat tentang pernikahan pegawai atau keluarga lektur, dll), evaluasi kelembagaan, penyusunan perencanaan, dan lain-lain. Bahkan, di Buletin ini para peneliti dapat menuliskan kesan-kesan penting (mungkin juga lucu) yang dialami di lapangan saat melakukan penelitian.

    Sayang bulletin ini tidak lagi terbit. Andai memungkinkan, penerbitan bulletin ini sebaiknya digagas kembali.[]

    Pegarang- PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2011 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra