Koleksi - Lain-lain

  • 150 Tanya Jawab Salat (Dalil dan Hikmah)
    Di lihat391 Kali

    150 Tanya Jawab Salat (Dalil dan Hikmah)

      BY admin

    Buku ini merupakan salah satu bentuk dan cara mengantisipasi kebutuhan yang berkembang dalam masyarakat Islam dewasa ini. Dalam buku ini diperoleh informasi yang menjelaskan sejumlah pertanyaan yang sering kali muncul dan berkembang dalam masyarakat. Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya adalah sebagai sebab ketidaktahuan dan kurang pemahaman terhadap masalah yang dihadapi. Mereka melakukannya dan mempraktekkannya namun pemahaman mereka kadangkala kurang dan tidak mantap.

    Salat menurut istilah adalah sejenis ibadah yang mengandung ucapan dan gerakan tubuh yang telah ditentukan, dimulai dengan membaca takbiratul ihram (Allahu Akbar) dan ditutup dengan mengucapkan salam (Assalamu’alaikum warahmatullah). Salat diberi nama seperti itu karena ia mengandung doa (Lihat Sabiq, I, 1983: 78; ad-Dimyati, I, 1993: 29).

    Orang yang menegakkan salat disebut sebagai salah satu ciri orang yang bertakwa dan dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang mendapatkan petunjuk dari Allah Swt. dan termasuk orang-orang yang beruntung.

    “Alif lam mim. Kitab (al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa. (Yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka. Dan mereka yang beriman kepada Kitab (al-Qur’an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.”

    Karena itu, buku ini hadir untuk menjelaskan beberapa hal pokok tentang ibadah, khususnya ibadah salat yang sudah menjadi amal ibadah umat Islam Indonesia. Selamat membaca semoga dapat memberi manfaat. (nda)

    PegarangDr. H. M. Hamdar Arraiyyah, M.A. PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2013 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra