Koleksi - Sejarah-sosial-keagamaan

  • Sejarah Sosial Islam di Lombok Tahun 1740 – 1935 (Studi Kasus terhadap Tuan Guru)
    Di lihat791 Kali

    Sejarah Sosial Islam di Lombok Tahun 1740 – 1935 (Studi Kasus terhadap Tuan Guru)

      BY admin

    Buku ini adalah disertasi hasil Jamaludin yang diterbitkan oleh Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan dan Diklat Kementerian Agama RI. Disertasi ini diterbitkan sebagai hal sangat strategik dalam upaya penguatan apresiasi terhadap naskah klasik buah pena para ulama dan cendekiawan agama di Nusantara dan mengkonservasinya. Dalam buku ini diceritakan bahwa tuan guru memiliki pengaruh yang besar dan menduduki posisi yang sangat strategis dalam masyarakat Sasak. Masyarakat Sasak memiliki pandangan sendiri tentang tuan guru, besarnya pengaruh tuan guru tidak dapat dilepaskan dari sikap dan pemahaman masyarakat Sasak tentang tuan guru.

    Dalam kurun waktu dari abad ke-18 sampai sekarang, seiring dengan menguatnya pengaruh dan popularitas tuan guru bahwa dalam masyarakat Sasak telah terjadi perubahan struktur sosial. Karena sebelumnya dalam masyarakat Sasak terdapat empat golongan struktur sosial secara berurutan, diantaranya 1). Golongan raja dan keluarga raja, termasuk keturunan – keturunanya 2). Golongan ningrat atau raden, mereka ini bangsawan Sasak yang bergelar lalu atau raden, 3). Golongan pruangse, (orang kebanyakan) 4). Golongan jajar karang (budak).

    Secara spesifik buku ini dituliskan untuk membuktikan bahwa tuan guru di Lombok khususnya masyarakat Sasak telah menjadi orang yang paling berpengaruh dan telah menunjukkan eksistensinya dalam masyarakat sejak abad XVIII.

    Jadi, bacalah buku ini [ri]

    PegarangJamaludin / Fakhriati PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2011 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra