Koleksi - Sejarah-sosial-keagamaan

  • Dinamika Kehidupan Beragama Muslim Pedesaan
    Di lihat833 Kali

    Dinamika Kehidupan Beragama Muslim Pedesaan

      BY admin

    Buku berjudul “Dinamika Kehidupan Beragama Muslim Pedesaan” ini bicara seputar terjadinya perubahan agama muslim yang memuat beberapa desa, khususnya yang ada di Jawa, dengan jumlah yang sangat terbatas, dan belum menggambarkan populasi desa secara lebih luas, sehingga masih perlu dikembangkan pada masa mendatang, terutama pada wilayah pedesaan diluar Jawa. Sebagaimana diketahui, agama dalam pengertian doktrinal adalah wahyu dari Allah. Tetapi ketika ajaran agama itu ditransmisikan dalam komunitas tertentu, maka teks-teks murni yang merupakan refleksi dari wahyu itu telah berbaur dengan proses kebudayaan.

    Dinamika kehidupan beragama di desa memperlihatkan berbagai perubahan. Hal tersebut dapat diketahui dengan membandingkan kondisi kehidupan pada masa kini dengan masa silam. Gejala perubahannya tampak pada sarana dan aktivitas keagamaan serta tingkah laku yang mencerminkan pemahaman dan penghayatan agama dikalangan pemeluknya. Perubahan besar terjadi di negeri ini sekitar tiga puluh tahun silam. Perubahan itu sangat terasa, karena sebelumnya banyak pihak yang merasakan tekanan ancaman dari orang – orang yang anti agama. Tekanan itu tidak hanya terasa di kota – kota besar, namun juga disejumlah daerah pedesaan.

    Maka, usaha ke arah peningkatan pemahaman agama dikalangan warga masyarakat perlu dilaksanakan secara berkelanjutan. Umat perlu diberi bimbingan untuk memahami agamanya dengan lebih cerdas.

    Jadi, bacalah buku ini [ri]

    PegarangDrs. H. M. Yusrie Abady, dkk. PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan ISBN- Tahun2002 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra