Koleksi - Lektur-keagamaan-kontemporer

  • Jurnal “Lektur Keagamaan” Vol 13, No. 1, Juni 2015
    Di lihat464 Kali

    Jurnal “Lektur Keagamaan” Vol 13, No. 1, Juni 2015

      BY admin

    Jurnal “Lektur Keagamaan” Vol 13, No. 1, Juni 2015 merupakan tahap penting karena berkaitan dengan apresiasi baik dari lembaga terkait, seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang telah menilai jurnal ini cukup berprestasi. Prestasi ini. Merupakan bentuk kepercayaan (amanah) sekaligus tantangan bagi redaksi Jurnal Lektur Keagamaan ke depan untuk meningkatkan kualitas publikasi hasil-hasil penelitian  agar berguna bagi lembaga dan masyarakat.

    Volume 13 No. 1 Jurnal Lektur Keagamaan menerbitkan 12 artikel yang berkaitan dengan topik sekitar preservasi lektur klasik maupun kontemporer yang terdiri dari beragam tema, seperti tasawuf, sejarah, kajian naskah, filsafat Islam, sastera dan studi tokoh.

    Untuk itu, volume ini memuat 12 (dua belas) artikel, yakni meliputi: 1. Tawalinuddin Haris, Kasultanan Samawa di Pulau Sumbawa dalam Kurun Waktu Abad XVII – XX; 2. Alfan Firmanto, Historiografi Islam Cirebon; 3. Sofyan Saha, Perkembangan Penulisan Tafsir Al-Qur’an di Indonesia Era Reformasi; 4. Samidi, Desa “Kutukan” Bagi Para Pejabat; 5. Akhmad Saufan, Strategi dan Diplomasi Perang Rasulullah; 6. Acep Aripudin, Haji Hasan Mustapa: Sufisme Lokal dalam Masyarakat Sunda; 7. Muh. Syamsuddin, Elit Lokal Madura: Sisi Kehidupan Kaum Blater; 8. Rezza Maulana, Memperingati Tahun Baru Cina Sambil Melestarikan Warisan: Pengalaman Komunitas Cina di Yogyakarta; 9. Retno Kartini Savitaningrum Imansyah, Deskripsi Masjid Alit Ki Ageng Gribig dan Dakwah Kultural Awal di Klaten, Jawa Tengah; 10. Muhamad Murtadho, Jejak Kerajaan Islamic Ende dan Sejarah Keagamaan di Flores; 11. Abdul Mustaqim, Berbagai Penyebutan Anak dalam Al-Qur’an: Implikasi Maknanya dalam Konteks Qur’anic Parenting; 12. Jamaluddin, Book Review: Asia Tenggara Masa Modern Awal..

    Jurnal Lektur Keagamaan merupakan salah satu produk Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, selain Heritage Nusantara, Buletin Khazanah, dan penerbitan buku hasil penelitian dan kajian lainnya. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, jurnal ini menampilkan berbagai tulisan terkait dengan lektur dan khazanah, baik hasil penelitian, makalah ilmiah, timbangan buku, dan lain-lain. Dengan tetap menjaga dan mempertahankan kualitas tulisan dan racikan tulisan yang beragam, Jurnal Lektur diharapkan tetap menarik untuk dibaca, dan dapat menjadi sumber referensi untuk kajian lebih lanjut. (nda)

    Pegarang- PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2015 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra