Koleksi - Lektur-keagamaan-klasik

  • Naskah Klasik Keagamaan Nusantara II (Cerminan Budaya Bangsa)
    Di lihat271 Kali

    Naskah Klasik Keagamaan Nusantara II (Cerminan Budaya Bangsa)

      BY admin

    Naskah klasik keagamaan Nusantara merupakan khazanah intelektual dan warisan berharga bangsa Indonesia. Oleh karena itu, upaya pelestarian, konservasi serta penggalian materi dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan sesuatu yang sangat diperlukan. Pentingnya kegiatan pelestarian naskah klasik tersebut setidaknya didasarkan pada dua hal: Pertama, banyaknya data penting berkaitan dengan fenomena sosial-budaya dan keagamaan yang terdapat dalam naskah-naskah tersebut; dan Kedua, sudah semakin rapuhnya kondisi fisik naskah-naskah tersebut seiring dengan perjalanan waktu dan tidak disertai dengan sistem konservasi yang memadai.

    Dalam buku ini dimuat tujuh buah hasil penelitian dari wilayah Sumater Utara, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat (NTB), yang sebagian besar merupakan kolektif. Dari segi isi, naskah-naskah yang diangkat sedikit banyak mempresentasikan pemikiran dari tokoh-tokoh agama (baca: ulama) local. Misalnya, naskah “Wawacan Nasehat” yang berasal dari Jawa Barat merupakan karya ulama tempatan K.H. Hasan Mustapa. Demikian juga naskah Al-Mawahib Ar-Rabbaniyyah ‘an Al-As’ilah Al-Jawiyah, sebagia naskah yang ditulis untuk merespon pertanyaan-pertanyaan yang diajukan Sultan Abu Al-Mafakhir Mahmud Abdul Qadir kepada Syaikh Muhamad Ali bin ‘Allan Al-Makki. Sebagian ditulis dengan huruf dan bahasa daerah, misalnya naskah Asal Mulo Jabarail Menempo Adam dari Bengkulu yang menggunakan huruf dan bahasa Ka-Ga-Nga, Serawai, serta ditulis di atas bamboo gelondongan.

    Buku ini merupakan seri kedua dari “Naskah Klasik Keagamaan Nusantara” yang diterbitkan tahun 2005. Dan buku ini layak untuk dibaca karena memberikan kontribusi bagi pengembangan dalam bidang penaskahan dan sekaligus ikut melestarikan kearifan local yang terkandung dalam naskah klasik keagamaan, serta memberikan kontribusi bagi terciptanya masyarakat yang rukun, toleran, dan berkeadilan. (nda)

    PegarangDrs. H. Fadhal AR Bafadhal, M.Sc., dan Asep Saefullah, M.Ag PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan ISBN- Tahun2006 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra