Koleksi - Lektur-keagamaan-klasik

  • Naskah Klasik Keagamaan Nusantara 1 (Cerminan Budaya Bangsa)
    Di lihat1053 Kali

    Naskah Klasik Keagamaan Nusantara 1 (Cerminan Budaya Bangsa)

      BY admin

    Masalah serius dalam hal pernaskahan Nusantara adalah masih banyaknya naskah-naskah yang tersimpan di kalangan masyarakat sebagai milik pribadi. Pada umumnya naskah-naskah yang kebanyakan ditulis pada sekitar abad 17 dan 18 M tersebut terbuat dari kertas yang secara fisik tidak akan tahan lama. Upaya untuk melestarikan dan memanfaatkan naskah-naskah Nusantara, khususnya naskah-naskah keagamaan, merupakan hal yang mendesak untuk dilakukan. Hal ini, setidaknya didasarkan pada dua hal: pertama, banyaknya data penting berkaitan dengan fenomena keagamaan yang terdapat dalam naskah-naskah tersebut, dan kedua, sudah semakin rapuhnya kondisi fisik naskah-naskah tersebut seiring dengan berjalannya waktu.

    Buku ini bermaksud mengungkap hal-hal sebagai berikut: Pertama, seberapa besar koleksi naskah kuno yang telah dihimpun di perpustakaan nasional RI, perpustakaan daerah, museum pusat, museum daerah, keratin-keraton, pusat kerajaan/kesultanan, perpustakaan perguruan tinggi, yayasan, pesantren, gereja, pura, dan yang masih berada di perorangan; Kedua, apa saja isi dan judul naskah-naskah tersebut, nomor kode, asal naskah, ukuran, tebal naskah, huruf, bahasa, dan bentuk tulisannya; dan Ketiga, adakah di antara naskah-naskah yang memuat nilai kerukunan, pendidikan demokrasi, pendidikan moral, pembinaan HAM, dan pengukuhan persatuan atau yang berwawasan kebangsaan dapat menyumbang salah satu model kebijakan untuk saat ini.

    Di dalam buku ini terdapat banyak naskah-naskah keagamaan Nusantara, seperti: Kitab Sittin: Koleksi Turunan Sunan Sudar Monjok; Tuhfah Ar-Ragibin, Siraj Al-Mubtadi’in dan Asrar As-Salah; Serat Piwulang; As-Sair Fi Matalib Al-Lawaqib, Al-Minah As-Saniyyah, dan ajaran I’timam; Kanz Al-Ma’rifah Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari; Babad Tanah Jawa (Pesisiran).

    Buku ini dapat menjadi bahan bagi pembangunan bangsa berwawasan religious dalam rangka merajut budaya bangsa dan integritas nasional. Selamat Membaca! (nda)

    PegarangDrs. H. Fadhal AR Bafadhal, M.Sc., dan Asep Saefullah, M.Ag PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan ISBN- Tahun2005 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra