Koleksi - Lain-lain

  • Siaran Keagamaan di Televisi (Tanggapan Masyarakat di Berbagai Daerah)
    Di lihat149 Kali

    Siaran Keagamaan di Televisi (Tanggapan Masyarakat di Berbagai Daerah)

      BY admin

    Dewasa ini, siaran keagamaan (Islam) di televisi mendapat porsi yang memadai. Pemirsa televise di Indonesia dapat menyaksikan siaran tersebut setiap hari, baik melalui stasiun televisi milih pemerintah maupun swasta. Stasiun televise seperti berpacu dalam kemasan untuk memikat hati pemirsanya. Kesan itu timbul karena sejumlah stasiun televise di negeri ini mamancarkan siaran keagamaan pada waktu yang hampir bersamaan, terutama pada waktu shubuh atau pagi hari. Akan tetapi, mungkin kesan itu bisa ditepis jika disadari sepenuhnya bahwa memang seharusnya demikian. Manusia harus mengasah rohaninya sebelum ia memulai aktifitas rutinnya setiap hari. Bila demikian halnya, maka siaran yang banyak itu menjadi sajian yang beragam untuk dipilih dan diresapi.

    Berkenaan dengan waktu penayangannya, sebagian besar responden menyarankan agar siaran keagamaan yang selama ini ditayangkan pada shubuh/pagi hari agar tetap dipertahankan, sedangkan yang disiarkan pada siang dan malam hari ditukar waktu penayangannya menjadi sore hari menjelang waktu Maghrib atau malam hari menjelang waktu Isya. Alasannya antara lain pada siang hari mereka sibuk bekerja atau melakukan kegiatan rutin. Sedangkan pada malam hari, apalagi larut malam, mereka umumnya sudah mengantuk dan harus beristirahat.  Bersamaan dengan itu mereka juga menganjurkan agar acara anak-anak di televisi tidak ditayangkan pada saat menjelang dan waktu shalat Maghrib, sebab acara tersebut membuat anak-anak enggan untuk mengerjakan shalat dan pergi mengaji. Masyarakat juga mengharapkan agar untuk masa mendatang materi yang dibahas dalam acara siaran keagamaan di televisi hendaknya lebih berorientasi kepada masalah-masalah realitas keseharian yang menyangkut hubungan antar manusia, masalah akidah/keimanan dan masalah ibadah praktis.

    Di atas adalah sebagian dari hasil penelitian di daerah Kauman; untuk hasil lengkapnya dan juga hasil penelitian dari daerah lain pembaca bisa membedahnya langsung dari buku Siaran “Keagamaan di Televisi (Tanggapan Masyarakat di Berbagai Daerah)”. Selamat membaca! (nda)

    PegarangM. Hamdar Arraiyyah, dan H. Rosehan Anwar PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan ISBN- Tahun2001 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra