Koleksi - Lektur-keagamaan-kontemporer

  • Jurnal Lektur Keagamaan Vol 13, No. 2
    Di lihat552 Kali

    Jurnal Lektur Keagamaan Vol 13, No. 2

      BY admin

    Jurnal “Lektur Keagamaan” Vol 13, No. 2, Desember 2015 memasuki tahap penting karena berkaitan dengan apresiasi baik dari lembaga terkait, seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang telah menilai jurnal ini cukup berprestasi. Prestasi ini. Merupakan bentuk kepercayaan (amanah) sekaligus tantangan bagi redaksi Jurnal Lektur Keagamaan ke depan untuk meningkatkan kualitas publikasi hasil-hasil penelitian  agar berguna bagi lembaga dan masyarakat.

    Volume 13 No. 2 Jurnal Lektur Keagamaan menerbitkan 13 artikel yang berkaitan dengan topik sekitar preservasi lektur klasik maupun kontemporer yang terdiri dari beragam tema, seperti tasawuf, sejarah, kajian naskah, filsafat Islam, sastera dan studi tokoh.

    Untuk itu, volume ini memuat 12 (dua belas) artikel, yakni meliputi: 1. Nanang Tahqiq, Literatur Falsafah Islam di Indonesia buah Karya para Penulis Indonesia; 2. Nur Said, Jalan Tasawuf dalam Naskah Layang Ijo Koleksi Kyai Mohammad Thohari Sidoarjo, Jawa Timur; 3. Endang Rochmiatun, Perubahan Ekonomi dan Perkembangan Peradaban Islam di Palembang Abad 17-19 M (Telaah atas Naskah-naskah Kontrak Sultan Palembang); 4. Nurnaningsih, Rekonstruksi Falsafah Bugis dalam Pembinaan Karakter: Kajian Naskah Paaseng Toriolo Tellumpoccoe; 5. Priscila Fitriasih Limbong, Alih Wahana pada Kitab Patahulrahman Upaya Mendekatkan Sebuah Teks pada Masyarakatnya; 6. Agus Iswanto, Khazanah Naskah Kuna Keagamaan Islam di Propinsi Riau: Deskripsi Telaah Khusus pada Naskah Bertemakan Tauhid; 7. Munawar Aziz, Konsep Peradaban Islam Nusantara: Telaah Terhadap ‘Arsyul Al-Muwahiddin (Syekh Ahmad Mutamakkin, 1645-1740); 8. Titi Farhanah, Kepengarangan Sastra Kitab Fath Al-Rahman oleh Penyalin Anonim; 9. Nasrullah Nurdin, Apresiasi Intelektual Islam terhadap Naskah Klasik Keagamaan; 10. Ali Muzakir, Petunjuk Baru Silsilah Ahmad Khatib Sambas: Tiga Teks Tulisan Melayu; 11. Syamsun Ni’am, Merawat Keberagamaan di Balik Perdebatan Kopi dan Rokok; 12. Novita Siswayanti, Karakteristik Karya Ulama Purworejo; 13. Nurman Kholis, Pengajaran Aqidah Ahl Al-Sunnah Wa Al-Jama’ah di Tatar Sunda pada Abad XIX: Tinjauan Buku Teologi dalam Naskah Sunda Islami..

    Jurnal Lektur Keagamaan merupakan salah satu produk Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, selain Heritage Nusantara, Buletin Khazanah, dan penerbitan buku hasil penelitian dan kajian lainnya. Terbit 2 (dua) kali dalam setahun, jurnal ini menampilkan berbagai tulisan terkait dengan lektur dan khazanah, baik hasil penelitian, makalah ilmiah, timbangan buku, dan lain-lain. Dengan tetap menjaga dan mempertahankan kualitas tulisan dan racikan tulisan yang beragam, Jurnal Lektur diharapkan tetap menarik untuk dibaca, dan dapat menjadi sumber referensi untuk kajian lebih lanjut. (nda)

    Pegarang- PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2015 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra