Koleksi - Lektur-keagamaan-kontemporer

  • Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Al-Quran pada Siswa    SMA (Studi Kausal Komparatif di Limabelas Propinsi)
    Di lihat623 Kali

    Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Al-Quran pada Siswa SMA (Studi Kausal Komparatif di Limabelas Propinsi)

      BY admin

    Secara sistematis, buku yang disusun dari hasil peneltian kuantilatif ini terdiri atas 5 (lima) bab, meliputi pendahuluan, kajian pustaka, metodologi penelitian, hasil penelitian, serta kesimpulan dan saran. Sebagai salah satu muatan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI), kemampuan baca-tulis Al-Quran di sekolah penting dikaji, untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan sekolah dalam pembelajaran, serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat keberhasilan tersebut. Karena itu, Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan melakukan penelitian ini di 13 wilayah propinsi. Jumlah wilayah ini tidak dipilih berdasarkan representasi, melainkan sekedar sebagai gambaran kemampuan membaca dan menulis siswa pada sekolah yang bersangkutan sebagai anggota masyarakat.

    Atas dasar hasil penelitian ini nampak bahwa kemampuan baca-tulis Al-Quran pada siswa SMA dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain usia belajar, lama belajar, waktu belajar, guru yang mengajar, dan motivasi belajar. Untuk mengetahui kemampuan baca tulis secara substantif dilakukan test membaca dengan menggunakan prosedur test sesuai kaidah metode penelitian dalam mengukur kemampuan membaca. Untuk menjaga akurasi hasil test, materi test diambil dari ayat-ayat Al-Quran yang sesuai dengan materi pembelajaran pada tingkat SMA, dan secara teoretik mencakup aspek tajwid.

    Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan membaca AL-Quran sebahagian besar siswa pada tingkat kemampuan sangat baik, dalam pengertian bisa membaca dengan lancer, mampu melafalkan ayat sesuai makhraj, dan dapat menerapkan tajwid secara praktis dalam bacaannya. Sementara, berbeda dengan kemampuan membaca, tingkat kemampuan menulis huruf Al-Quran para siswa prosentasenya lebih rendah.

    Dari penelitian ini juga diketahui beberapa hal penting: bahwa terdapat pengaruh yang signifikan asal SLTP terhadap kemampuan membaca dan menulis Al-Quran; bahwa terdapat pengaruh yang signifikan usia belajar terhadap kemampuan baca-tulis Al-Quran. Pengaruh yang signifikan juga nampak dari waktu belajar, lama belajar, motif belajar, dan guru pengajar.  

    Pendek kata, buku ini penting bagi para guru PAI, wali murid, dan para penentu kebijakan di lingkungan Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya terkait dalam bidang pendidikan dan pengembangan kurikulum PAI di sekolah.[]

    Pegarang Drs. E. Badri, MPd. Dan Munawiroh, MPd. PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan ISBN- Tahun2008 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra