Koleksi - Lektur-keagamaan-kontemporer

  • Kajian Teks Kontemporer dan Klasik
    Di lihat615 Kali

    Kajian Teks Kontemporer dan Klasik

      BY admin

    Buku ini merupakan kumpulan tulisan hasil penelitian dan kajian teks dan konteks yang dilakukan terhadap karya para ulama dan cendekiawan umum yang terkait dengan masalah sosial keagamaan. Tentang kajian naskah kontemporer, analisis kritis dilakukan terhadap buku asing berbahasa Inggeris, The Sosiology og Secularisation: A Critique of a Concept. Dari hasil analisanya, penulis menjelaskan bahwa kehadiran sekulrisasi dengn variasinya sebagai transformasi, generalisasi, diferensiasi, rutinisasi merupakan manifestasi dari adanya proses perubahan persepsi tentang peran dan fungsi agama dalam masyarakat sebagai akibat perubahan sosio-kultural yang disebabkan oleh perkembangan ilmi pengetahuan dan pemikiran filsafat modern. Wacana ini tentu menarik dikaji relevansinya untuk konteks Indonesia.

    Sementara itu, untuk teks klasik buku ini menampilkan 4 (empat) tulisan, meliputi “Naskah Nazam Usiat: Penguatan Eksistensi Tasawuf di Minangkabau di Tengah Modernisasi Awal Abad XX” yang ditulis oleh Apria Putra; “Kontemplasi Tarekat Naqsyabandiyah dan Pembangunan Karakter: Kajian Teks dan Konteks atas Naskah Ilmu Segala Rahasia yang Ajaib” oleh Nurrahman, M, M. Hum.; Tasawuf dalam Dhia’ul Wara Karya Khatieb Langgien: Kajian Teks dan Konteks oleh Fakhriati; dan  tulisan Abdan Syukri yang mengkaji tentang Ajaran Asma Allah: Kajian dalam Jawahir al-‘Ulum fi Kasyf al-Ma’lum Karya Nuruddin Ar-Raniry.

    Secara umum hasil kajian atas naskah-naskah dan buku kontemporer itu menunjukkan bahwa karya-karya tersebut masih memiliki relevansi yang kuat untuk saat ini sebagai sumber bimbingan keagamaan. Selain itu, karya para ulama juga masih menjadi rujukan bagi para dai dan ustadz dalam ceramah dan pembelajaran. Karena itu, kajian atas karya-karya itu perlu ditindaklanjuti dengan tahapan lainnya. Yakni perlu dilakukan transformasi dan kontekstualisasi pesan-pesan keagamaan, terutama terkait dengan problem sosial keagamaan yang dihadapi. Kontekstualisasi itu didasarkan atas adanya fakta berubahnya peta lingkungan strategis dan orientasi sosial keagamaan msyarakt.

    Ternyata para ulama tempo dulu sangat produktif dan canggih dalam melalukan transformasi pesan-pesan keagamaan.[]

    PegarangChoirul Fuad Yusuf, dkk. PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2013 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra