Koleksi - Sejarah-sosial-keagamaan

  • Paksi Pak Sekala Brak
    Di lihat489 Kali

    Paksi Pak Sekala Brak

      BY admin

    Buku ini merupakan salah satu buku terbitan Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan. Dimana buku ini adalah hasil dari kajian dan penulisan oleh penerbit yang bekerjasama dengan Perguruan Tinggi Islam (STAIN, IAIN, UIN) serta dibantu oleh tenaga ahli dan sejarahwan Perguruan Tinggi diberbagai kota dan daerah. Berdasarkan data dari berbagai sumber, terdapat banyak kesultanan dan kerajaan Islam di Nusantara yang sebagian besar belum dikenal serta belum dituliskan sejarahnya. Termasuk sejarah kesultanan Paksi Pak Sekala Brak. Maka pengkajian sejarah ini merupakan salah satu wujud kearifan manusia yang hidup untuk kemudian menginformasikannya kepada generasi berikutnya, bahwasanya sebelum mereka, telah hidup orang-orang terdahulu yang memiliki andil besar dalam membangun negeri bersama nilai-nilai kehidupannya.

    Lampung sebagaimana julukannya ‘Sang Bumi Ruwa Jurai’, yang berarti satu tanah terdiri dua turunan terbagi dalam dua lingkungan masyarakat adat yaitu: Masyarakat adat Sai Batin, dan Masyarakat adat Pepadun. Menurut sejarah adat dan budaya masyarakat Lampung berasal dari daerah Sekala Brak yang berlokasi di daerah Lampung Barat atau persisnya di daerah Kecamatan Belalau, Kecamatan Balik Bukit dan Kecamatan Banding Agung. Sekala Brak merupakan persekutuan kepaksian yang terdiri dari empat paksi, yaitu: Pak Buay Pernong, Paksi Buay Belunguh, Paksi Buay Nyerupa, dan Paksi Buay Bejalan.

    Dalam buku ini dituliskan secara sistematis tentang kesultanan Paksi Pak Sekala Brak. Uraian sejarah kepaksian ini disusun berdasarkan letak geografis masing-masing kepaksian, diawali dari yang terbarat, yaitu Paksi Buay Nyerupa Sukau, kemudian Paksi Buay Bejalan Diway Kembahang, Paksi Buay Pernong Batubrak, dan Paksi Buay Belunguh Kenali (Belalau). Sehingga membaca buku ini sangat direkomendasikan untuk mengetahui seluk beluk kesultanan Paksi Pak Sekala Brak. (nda)

    PegarangProf. Dr. M. Hisyam, MA., (Ed.) PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2012 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra