Koleksi - Lektur-keagamaan-klasik

  • Katalog Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Indonesia II
    Di lihat956 Kali

    Katalog Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Indonesia II

      BY admin

    Katalog Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Indonesia  ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Peneliti Puslitbang Lektur Agama pada tahun 1994 dan 1995. Katalog ini merupakan sebuah upaya penginventarisasian naskah-naskah kuno, khususnya yang bernafaskan Islam di Indonesia yang belum banyak dilakukan, padahal jika diklasifikasikan dan disusun dengan baik akan menjadi sumber acuan yang sangat berharga.

    Katalog Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Indonesia  berisikan 14 (empat belas) tulisan yang mewakili 14 (empat belas) wilayah penelitian dan pengumpulan naskah-naskah kuno. 14 (empat belas) tulisan yang berisikan Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam diwilayah yang dianggap cukup sebagai representative daerah-daerah lain. Dalam Katalog Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Indonesia II berisi 6 (enam) tulisan, yaitu : 1) Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Jawa Barat oleh : Drs. HM. Yusrie Abady, APU.; 2) Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Yogyakarta oleh : Drs. Bunyamin Surur, MA.; 3) Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Jawa Timur oleh : Drs H. Mazmur Sya’roni; 4) Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Kalimantan Seltan oleh : Drs. HM. Syatibi Alhaqiri;5) Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Maluku oleh : Drs. Rosehan Anwar ; 6) Naskah Kuno yang Bernafaskan Islam di Nusa Tenggara Barat oleh : H. Moh. Zahid, SH. MH.

    Untuk itu sejak tahun 1994 telah dirintis satu usaha dalam rangka menginventarisasikan, mendokumentasikan , mengklasifikasikan naskah-naskah kuno yang bernafaskan Islam yang tersebar kesuluruh pelosok Nusantara. Data-data mengenai naskah-naskah kuno itu selanjutnya disusun menjadi sebuah katalogus yang hasilnya adalah berupa buku yang ada ditangan pembaca.(NH) 

    Pegarang- PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan ISBN- Tahun1998 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra