Koleksi - Lektur-keagamaan-kontemporer

  • Pedoman Penulisan dan Pentashihan Buku Keagamaan
    Di lihat1015 Kali

    Pedoman Penulisan dan Pentashihan Buku Keagamaan

      BY admin

    Buku tipis ini, sesuai judulnya, merupakan pedoman penulisan dan pentashihan buku keagamaan yang merupakan salah satu tindak lanjut dari Keputusan Menteri Agama Nomor 437 Tahun 2001 tentang Pentashihan Buku-buku yang Memuat Tulisan Ayat-ayat Al-Quran yang Diterbitkan dan Diadakan di Lingkungan Departemen Agama. Kehadirannya didasarkan atas fakta bahwa buku-buku yang diterbitkan Kemenag RI masih banyak ditemukan kesalahan terkait dengan penulisan ayat-ayat Al-Quran dan hadits; kesalahan dalam pengutipan terjemahan ayat Al-Quran dan hadits; kesalahan pengutipan ayat al-Quran dan hadits dalam kaitannya dengan pokok bahasan, kesalahan dalam penulisan transliterasi Arab-Latin, dan kesalahan kurang berkaitannya materi, metode penyajian, bahasa, dan pilihan judul atau isi buku.

    Nah, Buku Pedoman ini diharapkan menjadi dasar pentashihan lektur keagamaan yang sekaligus juga menjadi acuan bagi tim penilai dalam menentukan kelayakan lektur agama yang akan diterbitkan. Terkait dengan hal ini, pedoman ini didasarkan atas Pedoman Umum Penulisan dan Pentashihan Mushaf Al-Quran dengan Rasm Utsmani, serta Pedoman Transliterasi Arab-Latin, dan Pedoman Tashih Buku-buku Agama dan Keagamaan yang memuat tulisan ayat-ayat Al-Quran yang diterbitkan dan diedarkan oleh Departemen Agama (kini, Kementerian Agama).

    Secara sistematis buku ini memuat Surat Keputusan Kepala Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan, ditambah 5 (lima) naskah lampiran. Lampiran-lampiran yang termuat dalam buku ini meliputi Pedoman Penulisan dan Penerbitan Buku Keagamaan, Pedoman Tashih Buku-buku Agama dan Keagamaan yang Diterbitkan dan Diadakan oleh Departemen Agama, Pedoman Transliterasi Arab-Latin, KMA No 24 Tahun 2003, dan KMA No. 437 Tahun 2001.[]

    Pegarang- PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan ISBN- Tahun2003 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra