Koleksi - Lektur-keagamaan-klasik

  • Naskah Klasik Keagamaan : Edisi Bahasa Bugis, Bali, dan Sunda
    Di lihat636 Kali

    Naskah Klasik Keagamaan : Edisi Bahasa Bugis, Bali, dan Sunda

      BY admin

    Buku ini merupakan hasil penelitian, yang berjudul Naskah Klasik Keagamaan ; Edisi Bahasa Bugis, Bali, dan Sunda. Buku ini diterbitkan, karena terdapat ribuan naskah-naskah klasik keagamaan yang bernilai religius untuk kehidupan  masyarakat hingga saat ini. Untuk itu, Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan melakukan kegiatan pelestarian naskah klasik yang mengandung unsur sosial-budaya dan keagamaan dan naskah-naskah klasik tersebut merupakan warisan budaya Nusantara.

    Dalam naskah klasik terdapat pesan ajaran dan konsep Islam. Naskah dalam bahasa Bugis, Naskah Bayanul Asrar berisi ajaran-ajaran tasawuf, konsep-konsep tasawuf yang disampaikan oleh Syaikh Yusuf al-makaqassar. Beberapa naskah berbahasa Bali  yang menggambarkan fakta sosial, terjadi relasi sosial keagamaan serta tolerasi dalam waktu yang panjang. Dan ribuan naskah dalam bahasa Sunda dan aksara yaitu, aksara Pegon. Pesan keagamaan dijelaskan dalam berbagai contoh dalam pupuh Asmarandana.

    Jadi, buku ini membicarakan tentang Naskah Klasik Keagamaan : Edisi Bahasa Bugis, Bali, dan Sunda, yang mana di dalamnya mem bahas tentang sejarah keagamaan Islam dalam Naskah klasik berbagai bahasa. Perlu diketahui, buku ini memberikan informasi penting tentang proses pengajaran Islam di Nusantara.

    PegarangNurkhalis A.Ghaffar, dkk. PenerbitPuslitbang Lektur Keagamaan ISBN- Tahun2009 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra