Koleksi - Lain-lain

  • Penelitian Individual Lektur dan Khazanah Keagamaan
    Di lihat257 Kali

    Penelitian Individual Lektur dan Khazanah Keagamaan

      BY admin

    Buku ini memuat 6 (enam) tulisan hasil penelitian, masing-masing oleh Asep Safullah M.Ag. (Tradisi Cetak Kitab Keagamaan: Studi Kasus Produksi dan Reproduksi Kitab Keagamaan di Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat); Idham (Tinggalan-Tinggalan Islam di Majene Provinsi Sulawesi Barat); Fakhriati (Identitas Naskah Klasik Keagamaan Aceh: Kajian terhadap Watermark dan Ountermark dalam Naskah Klasik Keagamaan); M. Syatibi Al-Haqiri (Mengungkap Tokoh Penyiar Agama Islam di Pantai Utara Jawa Barat [Studi Kasus Tokoh Syech Quro di Karawang]); Harisun Arsyad, SH. (Penelitian Fatwa Ulama Aceh: Studi pada Majelis Permusyawaratan Ulama [MPU] dan Lajnah Bahtsul Masa’il Mudi Mesra Samalanga-Bireun); dan Retno Kartini S.I., S.Psi, (Peta Lektur Keagamaan pada Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Bina Daksa [BBRVBD] Cibinong-Jawa Barat). Dengan demikian, buku ini memuat tentang kajian lektur dan khazanah Keagamaan dalam lingkup yang cukup luas, meliputi kajian naskah klasik, naskah kontemporer, sejarah sosial, dan arkeologi religi.

    Secara keseluruhan kontributor naskah untuk penelitian ini adalah para peneliti di lingkungan Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, kecuali  Idham (peneliti Balai Litbang Agama Makassar). Penerbitan buku ini didasarkan atas hasil penelitian yang dilakukan oleh 6 (enam) orang peneliti yang memperoleh bantuan dana penelitian kompetitif individual untuk melakukan kajian sesuai dengan minat akademik masing-masing. Karena itu, kumpulan tulisan ini mesti dipandang sebagai tulisan-masing-masing yang bersifat otonom dan tidak memiliki kaitan antara satu dengan lainnya. Sehingga untuk mengetahui substansi dan isinya, pembaca mesti melihat tulisan itu masing-masing, dengan isi dan kesimpulannya sendiri-sendiri.

    Buku ini penting dibaca bagi siapa pun yang tertarik dengan kajian Islam Nusantara dengan beragam kekayaan intelektualnya yang amat berharga. Sayangnya kumpulan hasil penelitian yang berharga ini terbit dengan cover yang kurang menarik. (hr)

    PegarangAsep Saefullah dkk PenerbitPuslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan ISBN- Tahun2011 Download Untuk mendownload file, Anda harus login LOGIN

Mitra