FATH AL-QARIB SYARH KITAB TAQRIB
LKK_YGY2016_ISL12 |
Bhs. Arab/Jawa |
Aks. Arab/Pegon |
Prosa |
Fikih |
662 hal/17 baris/ hal |
31 x 20 cm 20 x 12 cm |
Dluwang |
Naskah ditulis di atas kertas Daluwang dan dijilid dengan benang. Kondisi naskah kotor, tanpa sampul dan tidak utuh, sudah mulai rusak dan banyak lubang di bagian bawah naskah. Naskah setebal 662 halaman ini terbagi menjadi 17 kuras. Ditulis dengan tinta hitam dan merah, khath yang dipakai dari jenis naskhi dengan tanpa memberikan nomor halaman juga tidak ada kata alihan. Untuk teks utama ditulis dalam Arab, sedangkan pada teks makna gandul ditulis dalam bahasa Jawa dengan aksara Pegon.
Teks pertama, berjudul Fath al-Qarib Syarh Kitab Taqrib. Kitab ini dikarang oleh Syeikh Imam Abi Abdillah Muhammad bin Qasim al-Ghazi. Ia seorang ulama fikih mazhab Syafi’i yang lahir di kota Ghuzah pada 859 H. dan wafat di Mesir pada 918 H. Kitab ini termasuk kitab fikih yang ditulis secara lengkap dari sisi topik yang dibahas. Dalam kasus naskah ini tidak diterakan nama penyalin dan tahun penyalinan.
Teks kedua berisi tentang ringkasan hukum-hukum dalam pernikahan. Ditulis dalam bahasa Arab. Latar belakang penulisan adalah karena ada permintaan seseorang agar pengarang penulis dan memberikan penjelasan terkait persoalan-persoalan yang berkaitan dengan pernikahan. Teks ketiga, tentang pembahasan fikih mu’amalah. Kesemua teks ditulis dengan bahasa Arab.
Mengacu pada model makna gandul yang ada dalam teks, tampaknya naskah ini pada awalnya merupakan bahan kitab yang dipakai belajar seorang santri di pesantren.
Kutipan awal :
Bismillāhirraḥmānirraḥīm
Wabihī nasta’īnu qāla asyaikul imāmu al-‘ilmu al-‘allāmatu al-muhaqqiqu al-mudaffiqu al-nahāmatu
Al-syamsu al-millati wallażīna abu ‘abdullāhi muhammadun ibnu qasim al-syafi’i…rahmatun āmīn al-hamdulillāhi tabarrukan bifātihatil kitābi liannahā ibtidāan kulli amrin żī bālin
Wa hatimatahū kulli du’āin mujābin wa akhoru du’ai al-mu’minīna filjannati ilā dārissawābi
Uhmidallāha an yuwaffiqa man arāda min ‘abdihī ay iltafahum fillażīna waqfi murādihī
Waushallī wa usallimu ‘alā afdholi kholqihī muhammadun sayyidil mursalīna al-qāili man yuridillāhu
Khairan yuwaffiqhū fiddīni wa’alā ālihī wa ashḥābihī wa sallam muddatu żākirīna wa syahwi
Użkuril ghāfilīna hāżal kitābu fi ghayātil iḥtishāri wattahdībi wadhontum ‘alal kitābi
Al musammā bittaqrībi yanfa’u bihī al-muḥtāju minalmubtadi’īna lifurū’I bayāni
.... huwa al-syar’iyyatu wallażīna waliyakūna wāsilatan walinajati yaumaddīni
Wa naf’an ‘ibadatulmuslimīna innahū samī’u du’āin ‘ibādatun wa qarībun mujībun wa man qasadahū
….wa iżā saalaka ‘ibādī ‘annī fainnī qarībun mujībun …
Kutipan akhir :
Al-wājibati al-ma’īnati ibtidāan wa ḥaisu kānat tathowwu’an kāna katadhhiyatin ukhrā falā budda min al-shidīqi bijuz’in minhu liummihī…al-tadhḥiyati….aw ghairihi kazufrihi
wa sāiri ajzāin bihī…… liman arāda al-ta’addudu wa al-nahyu ‘anhu fī muslimin wal ma’nā fīhi syumuli al-maghfiroti bijami’I ajzāihī wa tamaddudul karāhati….khairu al-tadhḥiyati fa inna ‘an ayyāmi al-tasyrīqi zālat al-karāhatu
akharahā …fil’aqīqati wa hiya lughatan sya’run ra’si al-maulūdu wa syar’an mā yażbaḥu ‘inda khalqi sya’rihī wal ashli fīha mā shahḥa SAW
min qaulihī al-ghulāmu murtahanun bi’aqīqatin wa ma’nāhu mā yażhabu ilaihi aḥmad kajama’atin anna iżā lam yu’aqqa ‘anhu lam yasyfa’ fī wālidaihi yaumal qiyāmati…