LKK_SLO2016_NSR16

ILMU AL-KHATH

 

LKK_SLO2016_NSR16

Bhs. Arab dan Jawa

Aks. Arab dan Pegon

Prosa

Bahasa

28  hal/  24   baris/hal

21 x 16,5 cm 

17 x 14  cm

Kertas Bergaris

 

Naskah ini, secara internal teks, tidak disertakan judulnya. Mengacu pada masalah-masalah yang dibahas, naskah ini secara umum berisi tentang tata bahasa Arab dan teknik penulisan bahasa dan aksara Arab.

Naskah ini ditulis dengan teknik tanya jawab. Bagian pertanyaan ditulis dengan bahasa Arab. Adapun jawabannya terkadang ditulis dengan bahasa Jawa dalam aksara Pegon, dan terkadang memakai bahasa Arab. Pada teks pertama, isu yang dibahas tentang hukum akal dan pembagiannya dan pengertian sifat. Teks kedua, berisi tentang ilmu khath atau ilmu imla’. Dan teks kedua, berisi tentang ilmu sharf yang ditulis dengan teknik tanya jawab dan dalam bahasa Arab. Pada bagian akhir terdapat fatwa keagamaan yang disampaikan oleh KH. Dimyathi Termas. Fatwa tersebut disalin dalam naskah ini pada tahun 1343 H.

 

Teks-teks ini tampaknya disalin oleh Muhammad Muqri bin Ahmad Kafrawi yang pada mudanya pernah belajar di Pondok Pesantren Termas, Pacitan, Jawa Timur. Sekarang naskahnya tersimpan di Pondok Pesantren Al-Mansur, Popongan, Klaten, Jawa Tengah. Naskah ini merupakan bagian dari koleksi K.H. Nasrun, pengasuh dan sesepuh di Pesantren Al-Mansur.

Alas naskah terdiri dari kertas bergaris, tanpa watermark dan countermark. Kondisinya cukup baik dan utuh. Dijilid dengan benang dan hanya terdiri satu kuras dengan sampul yang terbuat dari kertas tipis berwarna biru tua.

Tebal naskah adalah 28 halaman dengan berukuran 21 x 16,5 cm. Terdpat sembilan halaman yang dibiarkan kosong, tidak dipakai untuk menulis suatu teks. Teksnya ditulis dengan tinta warna hitam dan dengan khat Naskhi. Aksara yang dipakai adalah Pegon dan Arab, adapun bahwa yang dipakai adalah Jawa dan Arab. Pada setiap halaman terdiri rata-rata 24 baris, dengan tanpa kata alihan dan tanpa penomoran halaman.

 

Kutipan awal :

Bismillāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi

As’ilah tuthlabu ajwabtuhā

Sin      mā huwa al-ḥukmu al-‘aqlī?

Jim      ingkang nami hukum ‘aql punika netepaken perkawis utawi nafikaken perkawis sangking perkawis tur mboten kanthi tikror lan penggawean ,,dene sorahipun ingkang dingin inggih punika kados dene langit punika shifat meneng lan obah wonten barang setunggal.

Sin      Kam aqsāmu al-ḥukmu al-‘aqlī ?

Jim      ḥukum ‘aqal punika kabagi dados tigang dum2an

Sin      Ma huwa kullu wāḥidin min aqsami al-ḥukmi al-‘aqlī  wa mā hiya shūratihi

Jim      dum2mannipun hukum ‘aql tersetunggal inggih punika wajib ‘aqalae ingkang kaping kaleh inggih punika muḥāl munggu ‘aqal ingkang kaping tiga inggih punika wenang munggu ‘aql,, utawi ingkang nemen wajib ‘aqale punika barang ingkang ‘aql boten benerake ‘aqal munggah napanipun punika barang sorahipun kados wujudipun Allah lan shifat Qadamipun Allah lan shifat kalanggenganipun Allah ,, dene ingkang nami muḥāl mungguh ‘aqal inggih punika barang kang ‘aqal boten benerake mungguh tetepipun punika barang sorhipun kados dene wontenipun ingkang nyekuthoni dumateng Allah ,, dene tegesipun barang kang wenang munggah ‘aqal inggih punika barang kang memper mungguh ‘aqal dumateng tetepipun punika.

 

Kutipan akhir :

... ‘an syaikhi wa tab’i Imam Ahli zaman kang rubi’ate asra’u an-nāsi fī amraini fī al-istibrā i wa al-wuḍu i ḥatta lau kāna ghairuhu qultu mā fa’ala wa kāna ibnu hurmuza bathia al-istibrā a al-‘ulamā’ anni yustaḥabbu liman buliya bil-waswasati fi al-wuḍū i au ash-shalāti an yaqūla lā ilāha illa allāh fa inna asy-syaithāna iżā sami’a aż-żikra khanasa ay tākhkhara wa ba’uda wa lā ilāha illā allāh ra’su aż-żikri waliżālika ikhtāra shafratun hāżihi al-ummati min ash-ḥābi at-tarbiyyati wa ta’dību al-murīdi qaula lā ilāha illā allāh li ahli al-khulwati wa amarūhum bil mudāwamati ‘alaihā wa qālu anfa’u ‘alāji fī daf’i al-waswasati al-aqbālu ‘alā żikri ilāhi Ta’ala wa al-akṡāru wa qāla ibnu abi al-ḥawāzi bakri ar-rā i wa fatḥuha sakautu ilā ad-dārā fi al-waswasati faqāla iżā aradtu qath’ah famatā aḥbabta bihī fā afraḥ faiżā faraḥta inqatha’a ‘anka fainna syai’un abghaḍu ila asy-syaithāna min surūri al-mu^mini qāla ba’ḍahum wa yuayyidu hāżā ammā żukirā ‘an ba’ḍi ba’ḍi al-aimmati anni innamā yubtalā man kamula īmānuhu fainna al-lishshā lā yasriqu min baiti lishshi miṡluhu 05010 wa hāżā inna sulima fahuwa fi al-waswasi fi al-‘aqāidi limā fi al-ḥadīṡi innahu maḥḍun al-imānu ‘ala anna al-imāma ibna ‘arafah qāla innamā yubtalā bihī fiddīni man akhażahu taqlīdan dauna man ‘arafa al-‘ārifu abu al-ḥasan al-syāẓilīyu iẓā akṡatara ‘alaika al-waswasa faqul subḥāna al-maliku al-khallāqi inna yasya’u yużhibkum wa ya’ti bikhalqin jadīd wa mā żālika ‘ala allāhi bi ‘azīz żahaba allāhu ‘anna sāira al-maḍāti wa al-makhāwifi wa al-fatani wa inna lanā kulla khuluqin ḥasanin wa ja’alnā min ahli wilayatin ahli an-ni’ami wa al-minani innahu ‘alā ma yasyā’ qadīr wa bil ijābati jadīrun intaha fatāwa al-kubra bi amri syaikhanā wa syaikhanā dimyathi tarmasi fī syahri rajab 4 1343 wa’abdu al-jabbār  ar-rimbani fi syahri ash-shafar 26 min 1344 amīn.