LKK_SLO2016_NSR05

FATḤ AL-MU'ĪN BI SYARḤ QURRAH AL-‘AIN

 

LKK_SLO2016_NSR05

Bhs. Arab

Aks. Arab

Prosa

Fikih

122 hal/ 19 baris/hal

20,5 x 16 cm

17 x 7 cm

Kertas Eropa

 

Naskah ini berjudul Fatḥ al-Mu'in bi syarh Qurrah al-‘Ain Bimuhimmah al-Din karangan Ahmad bin Abdul Aziz ibn Zain al-Din bin Ali bin Ahmad al-Ma’bari al-Malibari al-Hindi. Tidak ada informasi siapa penyalin naskah ini serta pada tahun berapa disalin. Naskahnya disimpan di Pondok Pesantren Al-Mansur, Popongan, Klaten, Jawa Tengah.

Mengacu pada informasi di eksternal teks yang terdapat pada halaman pertama naskah, naskah ini dimiliki oleh KH. Abdullah, Ringin, Kediri. Menariknya di halaman terakhir terdapat keterangan: al-haqq haza al-kitab Muhammad Salman bin Muhammad Muqri Popongan Tegalgondo. Patut diduga bahwa pemilik pertama naskah ini adalah KH. Abdullah Ringin, Kediri kemudian naskah dihadiahkan beliau kepada K.H. Muhammad Salman, Popongan. K.H. Muhammad Salman adalah cucu dari KH. Mansur, pendiri pesantren Popongan dan seorang mursyid tarekat.  

 

Naskah ini ditulis di atas kertas Eropa, memiliki watermark. Kondisinya masih cukup baik dan dijilid dengan benang, tetapi jumlah kurasnya sulit dihitung, karena jilidannya telah menyatukan antar kuras dengan rapat. Meskipun jilidannya masih bagus, halaman dan teksnya tidak utuh. Tebalnya terdiri 122 halaman dengan ukuran naskah 24,4 x 11,4 cm .

Naskah ini ditulis dengan aksara Arab dan berbahasa Arab, dengan khath jenis Naskhi, serta menggunakan tinta warna hitam dan merah. Warna hitam digunakan pada teks syarah (penjelasan), sedangkan warna merah digunakan ketika fasal baru, bab baru, serta kata-kata yang dipandang utama dan penting. Di samping teks utama, di dalam naskah ini terdapat kalimat penjelasan yang ditulis di bawah teks utama dengan model menggantung, atau dikenal dengan istilah makna gandul. Mangacu pada kenyataan itu, patut diduga bahwa naskah ini pernah dipakai mengaji di pesantren.

 

Naskah ini berisi tentang tema-tema dalam bidang fikih. Dimulai dengan uraian tentang ibadah shalat, syarat, wajib dan rukunnya, bersuci seperti wudlu dan mandi, serta ibadah-ibadah ritual yang lain. Terdapat juga seputar cara pembagian harta warisan berdasarkan prinsip yang diajarkan oleh Al-Qur'an serta jumlah bagian-bagian yang diperoleh oleh para ahli waris berdasarkan posisi dan hubungannya dengan si mayit.

 

Kutipan awal :

Bismillāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi. Al-ḥamdulillāhi al-fattāḥi al-jawādi al-mu’īnʘ ‘Alā at-tafaquhi fi ad-dīni ʘ  ihtāruhu min al-‘ibādiʘ wa asyhadu an lā ilāha illa allāu syahādatan tudkhilanā dar al-hulūdʘwa asyhadu anna sayyidanā Muḥammadan ‘abduhū wa rasuluhū shoḥibu al-maqāmi al-maḥmūdi  ʘ  Shallallāhu wa sallamu ‘alaih wa ‘ala ālihi wa ashḥābihi al-asjudu ʘ  Shalātan wa salāman afūz bihimā yauma al-ma’ād ʘ  waba’du fahāża syarḥun mufīdun ‘alā kitābi al-musamma bi qurrati al-‘īni bi muhimmati ad-dīni ʘ  yubayyinu al-murād ʘ  wa yutammimu ... ʘ  wa yuḥashshilu al-maqāshida ʘ  wa yubrizu al-fu āda ʘ  wa sammaituhu bifatḥi al-mu’īn bi syarḥi qurrati al-‘īni bimuhimmati ad-dīni ʘ  wa ana as-alullāha al-karīma al-mannāna ʘ  an- yu’immu al-intifā’a bihi lil-khāshshati wa al-āmmati mina al-ikhwāni ʘ  wa anyuskinatī bihi al-firdausa fi dāri al-amāni ʘ  innahu akramu karīmin wa arḥamu raḥīmin Bismillāhi ar-raḥmāni ar-raḥīmi ay ullifu wa al-ismu.

 

Kutipan akhir :

Yaktariya al-‘āmilu nishfa al-arḍi bi nishfi al-baẓri wa nishfi ‘amalihī wa nishfi manāfi’i al-ātihi au bi nishfi al-biẓri wayatbari’u bil’amali wa al-manāfi’i in kānaal-bażru minhu fa inkāna mina al-māliki istajirhu bi nishfi al-bażri liyazra’u lahu an-nishfa al-ākhara mina al-bażri fi nishfi al-arḍi wayu’ayyirahu nishfahā bābu fi al-‘āriyati bi tasydīdi al-yāi wa taḥfīfahā wa hiya ismu lima yu’āru lil’aqdi al-mutaḍamni li ibāḥati al-intfā’i bi yuḥillu al-intifa’u bihi ma’a biqāi ‘ainihi liyuraddahu n ‘ārā żā-żahaba wa ja a bisir’atin lā mina al-‘āri wa hiya mustahabatu ashālatan  lisyaddati al-ḥājati ilaiha wa qad tajibu ka ‘āratin tsaubun  tauqafat shaḥḥata ash-shalāti ‘alaihi wa mā yanqażu gharīqan au yudzbiḥa bihi ḥayawānan muḥtaraman yakhsya mautahu shiḥḥa min żi tab ra’in i’āratin ‘ainin ghairi musta’āratin liintifā’in ma’a biqā in ‘ainihi ...