LKK_SLO2016_NSR18

 

WIZARAH AL-MA'ARIF AL-UMUMIYAH

 

LKK_SLO2016_NSR18

Bhs. Arab dan Jawa

Aks. Arab dan Pegon

Prosa dan Nadham

Fikih

26  hal/  16   baris/hal

21 x 16,5 cm 

17 x 14  cm

Kertas Bergaris

 

Naskah ini berjudul Wizarah al-ma'arif al-Umumiyah. Dikarang oleh Syekh Mustafa al-Sufthi dan direvisi oleh Syekh Harun Abd al-Razzaq, kemudian disalin Muhammad Muqri bin Ahmad Kafrawi pada tahun 1306. Naskahnya disimpan di Pondok Pesantren Al-Mansur, Popongan, Klaten, Jawa Tengah dan menjadi salah satu koleksi KH. Nasrun, pengasuh di pesantren tersebut.

Alas naskah menggunakan kertas modern bergaris. Tebal naskah 24 halaman dengan ukuran 21 x 16,5 cm dan hanya terdiri dari satu kuras. Dijilid dengan benang dan sampulnya terbuat dari kertas tipis berwarna biru tua. Teksnya ditulis dengan Khath jenis riq’ah, tinta berwarna hitam. Pada setiap halaman, rata-rata terdiri dari 24 baris. beraksara dan berbahasa Arab.

Isi naskah membahas tentang tata cara penulisan aksara Arab dalam penulisan berbahasa Arab. Terdiri dari empat bab, dan di dalamnya terdapat beberapa pasal. Topik yang dibahas misalnya tentang menulis hamzah di awal kata, alif layyinah, alif yang ditulis tetapi tidak dipakai dalam pengucapannya.

 

Selanjutnya terdapat satu teks yang ditulis dengan model nadham dalam bahasa Arab. Di dalamnya telah dilengkapi dengan pemberian makna gandul. Tampaknya, teks ini pada mulanya dipakai bahan dalam belajar oleh penyalinnya di pesantren Termas. Teks ini tidak sertai dengan judul. Tetapi pada halaman akhir disebutkan: al-mu’allif hāza al-mu’allaf  Syekh Hasyim al-Jumbangi.  Patut dipahami bahwa yang dimaksud dengan penjelasan tersebut adalah Syekh Hasyim Asy’ari, pendiri Pesantren Tebu Ireng Jombang.

 

Kutipan awal :

...ammā ba’du. Fayaqūlu al-munawwasilu bi al-mushthafa,  mushtafa as-safthi bin mushthafa : limā kānat al-kitābati ḍharuriyyah lil-insān, laukanahā tadullu ‘ala mā yudillu ‘alaihi al-lisān, wa kāna min a’ḍami al-muhimmāti ma’rifatun qawā’idu al-rasmi al-kalimāti, wa tu’assirtu ma’rifatuhā : litufarriquahā fi al-kitāb ash-sharfiyyah ; qad asyāraliy, allażī tujibu thā’atanhu ‘alā; min wasi’a dāirah al-ma’ārif, wa suhila ijtinā i tsamarāti al-lathāifif, samīru al-mu’āli karīmu al-aushāf, sa’ādatu ‘ala bā syambārik nāẓiru al-ma’ārifi wa al-auqāf; anna ajma’a risālah fi ‘ilm ar-rasm shaghīratun qarībatun al-fahm mufashshalah aḥsan tafshīl, ḥāliyah ‘an al-ijāzi wa ath-tathwīl? Fa imṡaqalat isyārah al-muthā’ah, wajnabihi bi as-sam’i wa ath-thā’ati wa jami’tu ar-risāalah, sahlatu wā ḍiḥatun ad-dilālah; wa sammaituhā: ‘unwānun nijābah fi qawā’idul kitābah fajā at biḥamdulillāhi ‘alā wafiqi al-marām, nafa’a allahu ta’āla bihā an-nāf’ul ‘ām.

 

Kutipan akhir :

Ghaniyyu fawāriy al-faqir ‘annī bil ghinā wa mughnī fa a’żibli al-qanā’atia munhalan

Wa yā māni’u imna’ni min as-sū i wahminī # wa yā ḍārru kun lilḥāsidīna sun

Wa yā nāfi’u infa’ni bi’ilmika wahdinī # wa yā nūru kun al-munawir fi al-qilbi musy’ilan

Ila al-ḥaqqi ya hādi ihdinī bibadā i’i # min al-‘ilmi zidnī yā badī’u at-tawashshula

Wa abqi al-hudā fi al-qalbi yāwāfiyā wa kun # li ahli an-nuhā yā wāriṡā lī muwashshala

‘ala ar-rusydi ṡabbit yā rasyīdu ’azāimi # ‘ala al-shabri hab lī yā shabūru at-tajammulā

Bi asmāika alḥusnā da’autuka siyyidī # wa ji’tu bihā yā khāliqu mutawassila

Wamubtahilan rabbī ilaika bifaḍliha # urājī bihā al-munā wa muwashshila

Faqābil ilāhi bi ar-riḍā minka wa al-ghinā # shurūfa zamāni mukaṡṡiran wa muqallilan

Wa jud wa’fu warḥam wakfi wanshur ‘ala al-‘ida # wa tub wahdi washliḥ kulla syai in takhalkhala

Wa shalli ilāhi bukratan wa’asyiyyatan # ’ala al-mushthafa mā hāma ra’dun wa jaljala

Wa ashḥābihi wal-āli wa ar-rusli kullihim # wa bā’du wa aḥmadu allah akhtāhā awwalan.