LKK_BANTEN2013_TBR08

MANTIQ/LOGIKA

 

LKK_BANTEN2013_ TBR08

Bhs. Arab

Aks. Arab

Prosa

MQ

271 hlm/ 11-13 baris/hal

20.5x 16.5 cm

Kertas Eropa

 

Naskah yang berjudul Sanµsiyah ini berasal dari daerah Lempuyang Tanara Banten.Naskah yang ditulis oleh Abdul Karim.aslinya dari Cakung.Teks ini diawali dengan kata pengantar penulis terkait keutamaan ilmu setelah itu teks naskah secara utuh lengkap dengan syarahnya.Naskah ini memiliki halaman lengkap dari awal hingga akhir.Alas naskah ini adalah kertas Eropa polos bewarna cokelat. Naskah ini memiliki watermark iluminasi florish abstrak serta garis halus dan kasar didalamnya..Sedangkan countermarknya bertuliskan giir.

Naskah ini tidak memiliki nomor halaman.Tinta yang digunakan untuk menulis naskah bewarna hitam dan merah.Pada tiap teks rubrikasi berisikan pointers atau pokok bahasan tertentu ditulis dengan tinta warna merah. Teks ini terdiri dari berbagai model; teks bentuk pengantar atau syarah terhadap pokok bahasan ditulis tidak teratur,ada yang miring ada yang di pinggir halaman,ada yang di tengah halaman dan ada juga yang lurus penulisannya. Sedangkan teks isi terkait pokok bahasan atas suatu teks ditulis secara teratur tiap baris.Ada beberapa teks terdapat alihan kata.Ada beberapa teks yang katanya dimaknai gandul.Ada beberapa teks berupa hasyiyah/penjelasan pada pinggir halaman.Ada beberapa teks terdapat ilustrasi yang menjelaskan isi suatu teks.

Keadaan fisik naskah ini secara keseluruhan baik danutuh dan tidak ditemukan robekan apa pun. Naskah bewarna cokelat tua dan ada beberapa tepian/pinggiran naskah yang keriting.Semua teksnya masih dapat terbaca dengan baik.Naskah ini dijilid dengan ikatan benang pada tiap kuras.Sampul naskah ini bewarna cokelat muda yang sudah terkelupas jilidannya.

Isi naskah ini berisikan tentang kaidah-kaidah ilmu mantiq atau logika.Yang diawali dengan kata pengantar keutamaan ilmu dan berpikir.Kemudian dijelaskan secara detail-sistematis kaidah ilmu mantiq lengkap dengan pengertiannya, maknanya, macamnya, serta contohnya dalam kalimat atau peristiwa. Ada dijelaskan bagaimana cara pencapaian ilmu dengan hikmah, bashar, ataupun fuad yang disertai dengan kisah para Nabi dalam pencapaian ilmunya. 

Teks awal naskah berbunyi: wa ‘an ±nas ra«iyall±hu ‘anhu anna an-nabiyya ¡allall±hµ ‘alaihi wa sallama k±na i©± takallama bikalimatin i±dah± £al±£an

Teks akhir naskah berbunyi: alla©³ a¯’amanahum min jµ’ wa ±manahum min khaµf (NV).