Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementerian Agama RI

Bulletin KHAZANAH Keagamaan Edisi I Tahun II, April 2010 Cetak E-mail

Beberapa kegiatan pengembangan SDM peneliti di puslektur, tampaknya masih mendominasi kegiatan puslektur pada semester pertama di tahun 2010. diantaranya ada Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) Keuangan dalam rangka persiapan menuju Opini WTP. Workshop Pengembangan Program, dan kegiatan pertemuan peneliti Puslektur untuk memilih coordinator peneliti. Untuk kegiatan DDTK diadakan tanggal 4-5 Maret 2010. Pelatihan ini menghadirkan nara sumber orang dalam yaitu Bapak Drs. Syahrial dan Mukhlasin, M.Si yang sehari-harinya mengurusi masalah keuangan di Badan Litbang dan DIklat.

Sedangkan Workshop pengembangan program puslektur dilaksanakan tanggal 17-20 di Yogyakarta. Workshop ini diikuti oleh peserta sebanyak 40 orang, terdiri lembaga penelitian UIN, STAIN, IAIN, dan IHDN. Workshop ini menghadirkan narasumber Prof Dr. Mifedwil Jandra (Sekretaris Yayasan Lembaga Naskah Keraton), DR. Erwiza Erman (LIPI), Ikhwanul Kiram (Republika) dan dihadiri oleh GBPH Joyokusumo. Salah satu kesimpulan dan rekomendasin workshop ini adalah perlunya puslektur untuk mengembangkan jaringan konservasi naskah seluas mungkin serta berperan aktif mendorong pemerintah memberikan perlindungan terhadap khazanah keagamaan , termasuk manuskrip didalamnya.

Selain workshop pengembangan program, puslektur juga mengadakan pertemuan peneliti puslektur, yang dilaksanakna tanggal 31 Desembe 2009. Pertemuan ini merupakan tindaklanjut rekomendasi dari hasil evaluasi akhir pada Desember 2009. Tujuan pertemuan ini selain ingin membentuk peneliti puslektur yang handal, juga untuk memilih koordinator peneliti di puslektur. Terpilih sebagai Koordinator peneliti Drs. H.E. Badir Yunardi, M.Pd sebagai coordinator, dan Asep Saefullah, M.Ag sebagai sekretaris koordinator.

Berita lainnya adalah pada bulan Maret 2010, Puslektur kedatangan seorang tamu pakar Islam dari Leiden Universtiy Dr, N.J.G Kaptein. Beliau salah seorang tenaga ahli yang banyak membantu dalam hubungan kerjasama Indonesia-Belanda, khususnya dengan Kementerian Agama. Dr. N.J.G Kaptein atau biasa akrab dipanggil Pak Nico, banyak memberikan pujian dan apresiasai terhadap kerja kerja Puslektur khususnya terkait digitalisasi naskah naskah keagamaan kuno.

Hal lain yang berkaitan dengan kelekturan, adalah kegiatan bedan buku keagamaan yang dilaksanakan tanggal 2 Maret 2010. Ada dua buku yang dibedah, yaitu buku;” Pergulatan Muslim di Barat, Antara Identitas dan Integrasi”, Karya Adam Lebor. Dan buku:” Pembaharuan Islam: Dari mana, hendak kemana?” karya Abdou Filali Ansary. Hadir sebagai pembedah yaitu Dr. H. Nanang Tahqiq (UIN Jakarta) dan Luthfi Assyaukani (Freedom Institute). Sedangkan pembandingnya Drs Helmi Hidayat, MA (Mantan Wartawan Republika) dan DR. Rumadi (Wahid Institute).

Pada tahun anggaran 2010, Puslektur juga mengadakan program penerjemahan karya ulama’ / cendekiawan Indonesia. Ada 7 buku yang diterjemahkan kedalam bahasa Arab dan bahasa Inggris, yaitu (i) Gerakan Modern Islam di Indonesia; 1900-1942, kedalam bahasa arab, karya Deliar Noer, (ii) Piagama Jakarta, 22 Juni 1945, kedalam bahasa inggris, karya Endang Saefuddin Anshari, (iii) Memahami Islam Jawa, Karya Bambang Pranowo,  kedalam bahasa arab. (iv) Tradisi Pesantren, kedalam bahasa arab, karya Zamakhsari Dhofier, (v) Merambah Jalan Baru Islam, kedalam bahasa Inggris, karya Fachry Ali dan Bahtiar Effendi, (vi) Politik Islam Hindia Belanda, karya Husnul Aqib Suminto, kedalam bahasa inggris, (vii) Islam dan Masalah Kenegaraan, kedalam bahasa arab. karya Ahmad Syafi’i

 

 

 
Berikutnya >
You are here  :Depan arrow Ringkasan arrow Ringkasan Buletin Khazanah arrow Bulletin KHAZANAH Keagamaan Edisi I Tahun II, April 2010