Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementerian Agama RI

Bulletin KHAZANAH Keagamaan Edisi I Tahun IV , Januari April 2012 Cetak E-mail

Penerjemahan karya ulama/cendekiawan di Indonesia, adalah tema utama dari bulletin edisi Januari – April 2012. Tema ini memberitakan Program  Penerjemahan Puslektur tahun 2011 dengan tema besarnya. Program ini dilaksanakan melalui kerjasama dengan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. IAIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan lainnya. Ada 6 judul buku yang diterjemahkan kedalam bahasa Inggris dan Bahasa Arab, yaitu (i) Syaikh Yusuf, Seorang Ulamaa Sufi dan Pejuang, Karya Abu Hamid, (ii) Serat Dewaruci: Tasawuf Yasadipura I Karya Dr. Hamid Nasuhi, (iii) Gerakan Kaum Tua di Minangkabau, karya Dr. Sanusi Latief, (iv) Ulama Bugis Makassar,  Karya Dr. Kadir Ahmada, (v) Allah dan Manusia dalam Konsepsi Syaikh Nuruddin ar-Raniry, karya Prof. Dr. Ahmad Daudy, dan (vi) Pertumbuhan dan Perkembangan kota kota  Muslim di Indonesia dari Abad XIII-XVIII Masehi, Karya Prof. DR. Uka Tjandrasasmita.

Selain penerjemahan buku buku ilmiah diatas, Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan juga memiliki program Transliterasi dan penerjemahan Naskah Klasik Keagamaan daerah Buton, Cirebon dan Bali. Transliterasi dan penerjemahan naskah klasik ini menjadi sangat penting  karena bertujuan untuk mengetahui arti penting makna dan  pesan dari sebuah naskah klasik tersebut. Selalin itu juga untuk mempermudah terjadinya proses transformasi pengetahuan terhadap generasi muda pada masa akan datang. Untuk naskah klasik keagamaan dair Buton, ada 15 judul dengan jumlah halaman mencapai 700. Sedangkan naskah klasik keagamaan Cirebon, terdiri dari 1 judul dengan jumlah halaman sebanyak 600 lembar. Dan naskah keagamaan klasik Bali sebanyak 7 judul dengan jumlah halaman sebanyak 400 lembar.

Masih terkait dengan pernaskahan karya ulama klasik, Puslitbang lektur untuk tahun 2011 menyelenggarakan kegiatan inventarisasi karya ulama’ nusantara pada lembaga pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk ; (i) menghimpun dan mengiventarisir karya ulama di Pondok Pesantren baik yang masih dipakai ataupun yang berupa naskah peninggalan, (ii) mengetahui bidang keilmuan, corak penyajian dan isi dari karya tersebut. Untuk kegiatan inventarisasi ini dilakukan di 6 lokasi yaitu sumatera utara, sumatera barat, Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah.

Untuk menyolidkan dan mengkoordinasikan seluruh satuan unit kerja di Puslitbang Lektur dan khazanah keagamaan, dilaksanakan Rapat Koordinasi (RAKOR)  tangga 12-16 April di Hotel Aston Bogor. Rakor ini selain dihadiri oleh internal puslitbang, juga mengundang dari Balai Litbang Agama, lembaga lembaga penelitian dibawah STAIN, UIN maupun IAIN. Selain Rakor, juga diadakan program pengembangan kualitas manajemen tanggal 16-17 Februari 2012 di Hotel Desa WIsata TMII. Output kegiatan ini adalah rencana program penelitian dan pengembangan layanan kelitbangan dan layanan perkantoran. Selain melalui rakor, pengembangan SDM juga dilakukan melalui program short course peneliti Puslektur tanggal 29 Mei s/d 9 Juni 2012 di Universitas Leiden, Belanda.

Selain kegiatan rakor, juga ada acara bedah buku yang dilaksanakna oleh Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan. Ada 5 kali bedah buku yang dilakukan yaitu bedah buku I tanggal

21 Februari 2012, bedah buku II tanggal 22 Februari 2012,  bedah buku III 23 Februari 2012. Ketiganya dilaksanakan di Jakarta. Sedangkan bedah buku keempat dan kelima, dilaksanakan di Bali dan Semarang. Untuk di Semarang, dilaksanakan tanggal 12 Mei 2012, sedangkan di Bali tanggal 12 Juni 2012. Beberapa buku yang dibedah diantarnya buku Wasiat Sang Begawan, Pesan Pesan Nurcholis Madjid, karya Solihin, buku Pembaruan Pemikiran Islam, karya Dawam Raharjo, Buku Sultan Pahlawan dan Hakim karya  Henri Chambert loir, buku Mengaji Pluralisme Kepada Mahagur Pencerahan, Karya KH. Husein Muhammad. Buku Perlawanan Kyai Desa: Pemikiran dan Gerakan Islam KH Ahmad Rifa’I, Terorisme dan Jihad dalam Perspektif Hukum Islam, Karya DR. Kasjim Salendra, Buku Ideologi Islam dan Utopia: TIgal Model Negara Demokrasi di Indoneia, karya Luthfi Assyaukanie.

 Bagian akhir bulletin ditutup dengan dua artikel resensi buku. Resensi pertama adalah buku Jihad dalam komunitas Muslim Pasca Konflik, karya Dr H. Kamaluddin Abunawas, M.Ag dan Drs. Huriyuddin. Buku ini mengupas tentang makna Jihad adan Perdamaian dalam Islam, jihad tidak hanya sekedar perang membunuh lawan muslim, tapi jihadi juga dikonstekstualisasikan dalam bentuk jihad ilmu, jihad social, jihad pendidikna, jihad kesehatan dan lainnya. Selain itu juga ada resensi buku tentang keluarga Sakinah yang ditulis oel Dr. H. Asep Usman Ismail, MA dengan judul:” Menata Keluarga, Memperkuat Negara dan Bangsa: Kiat Mewujudkan Keluarga Sakinah’

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
You are here  :Depan arrow Ringkasan arrow Ringkasan Buletin Khazanah arrow Bulletin KHAZANAH Keagamaan Edisi I Tahun IV , Januari April 2012