Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementerian Agama RI

Bulletin KHAZANAH Keagamaan Edisi II Tahun III, Agustus 2011 Cetak E-mail

Bulletin edisi ini menampilkan satu berita utama, dan lima reportase kegiatan, serta resensi buku info kelekturan. Berita utama mengangkat seputar pembacaan sejarah Islam melaui inkripsi keagamaan. Isinya tentang hasil penelitian Puslektur tahun 2011 tentang Penelitian Inskripsi Keagamaan Nusantara. Penelitian ini merupakan langkah awal dari penelitian penelitian berikutnya yang berkaitan dengan Inskripsi Islam di Nusantara. Sebagai tindak lanjut dari penelitian tersebut, Puslektur mengadakan seminar Inskripsi Keagamaan Nusantara tanggal 6-8 Juli 2011 di Hotel Mangku Putra Cilegon. Beberapa narasumber dalam seminar tersebut diantaranya Drs Tawalinuddin Haris, M. Hum (FIB UI), Drs. Mujib (Arkeologi Nasional) dan Dr. Ali Fadilah (Arkeolog Banten). Dalam seminar tersebut dipresentasikan 6 Makalah hasil penelitian dari 5 Provinsi yaitu Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Banten dan Jawa Tengah. Hasil penelitian dari 6 lokasi tersebut menyimpulkan bahwa kondisi inskripsi keagamaan yang ditemukan dalam kondisi tidak terawat dan memprihatinkan.

Untuk kegiatan reportase, Ada dua diklat terkait pengembangan kapasitas SDM, yaitu (i) workshop sehari Pengembangan Wawasan dan Keterampilan Khusus SDM terkait menulis di media massa,tanggal 7 Juni 2011 di Aulat Lantai IV Gedung Kemenag, dengan nara sumber Syahruddin el Fikri (Republika). (ii) DIklat pengembangan SDM bidang Fotografi tanggal 8 Juni 2011 di lantai 4 ruang sidang Puslektur. Diklat ini diikuti para peneliti dan pegawai puslektur, dengan menghadirkan narasumaber Hendra Suhara.

Selain kegiatan pengembangan SDM, juga ada bedah buku keagamaan karya Ulama Lokal tanggal 19 Mei 2011 di Hotel Clarion, Makassar. Dua buku karya ulama local yang dibeda yaitu buku Corak Pemikiran Keagamaan Gurutta Muhamamd As’ad al-Bugisi karya DR. Zainuddin Hamka, dan buku Ulama Bugis, karya Dr Abdul Kadir Ahmad. Kedua buku tersebut dipilih karena mewakili ulama local di Sulawesi selatan. Tujuan bedah buku ini diantaranya untuk menggali pemikiran dan kearifan dari karya Ulama Lokal.

Untuk lebih mengenalkan produk produk dari Balitbang dan diklat Kemenag,  pada kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke 21 tingkat nasional di Banjarmasin, maka Badan Litbang membuka stand bazaar pameran pada acara tersebut. Ada tiga produk yang dipromosikan Puslektur pada stand bazaar Balitbang yaitu 113 buku, 2000 eks Bulletin dan 60 eks Jurnal Lektur. Kegiatan ini berlangsung selama tanggal 3-11 Juni 2011

Pada bagian akhir bulletin edisi ini disajikan kegiatan digitalisasi manuskrip keraton Yogyakarta tanggal 11-16 Juli 2011, dan digitalisasi naskah kuno di Masjid Kasunanan Surakarta tanggal 16-21 Juni 2011.  Di Keraton Yogyakarta, berhasil dilakukan digitalisasi sebanyak 34 buah naskah sejarah. Sedangkan di Masjid Kasunanan Surakarta berhasil dilakukan digitalisasi sebanyak 60 judul naska klasik keagamaan.

 

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
You are here  :Depan arrow Ringkasan arrow Ringkasan Buletin Khazanah arrow Bulletin KHAZANAH Keagamaan Edisi II Tahun III, Agustus 2011