Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementerian Agama RI

Bulletin KHAZANAH Keagamaan Edisi III Tahun III, September-Desember 2011 Cetak E-mail

Edisi ini menampilkan bahasan utama tentang Ulama dan Tradisi Keilmuan. Dengan cover sampul tiga ulama besar yaitu KH Hasyim Asyari (Pendiri NU), KH. Ahmad Dahlan (Pendiri Muhammadiyah) dan Buya Hamka (Ulama sekaligus sastrawan), mengupas tentang tradisi intelektualisme yang berkembang di kalangan ulama sejak dulu hingga sekarang. Seorang ulama dihormati tidak hanya dari nasihat, dan kesalihan individunnya, tapi juga dari produk karya karya intelektual.

Sejalan dengan tema utama edisi tersebut, Puslitbang lektur melakukan penelitian tentang inventarisasi karya karya ulama di 6 Provinsi yaitu Jawa Timur, NTB, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Banten, Kalimantan Selatan. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa karya karya ulama berperan besar dalam penyebaran dakwah Islam dipelosok negeri. Oleh sebab itu perlu dikaji kembali karya ulama tersebut untuk disebarluaskan ke masyarakat. Sebagai tindaklanjut dari Hasil penelitian tersebut, dilakukan seminar hasil penelitian inventarisasi karya Ulama tanggal 12 Oktober 2011 di Grand Cikarang Bekasi.  Hadir sebagai narasumber DR. Nur Samad, MA (UIN Jakarta), Dr. AM. Hidayatullah, M.Ag dan Dr. Abdul Wahid Hasyim, M.Ag. Hasil penelitian menemukan ada 87 judul buku dari 7 pesantren di NTB, 30 Judul karya ulama Jatim dari 6 pesantren, 22 judul karya ulama dari 3 pesantren di sulteng, 49 judul karya dari 3 pesantren di Sulsel, 63 judul dari 7 pesantren di Banten, dan 37 judul dari 1 pesantren di Kalsel.

Edisi ini juga memberitakan kegiatan puslektur yaitu Penyusunan Kamus Istilah Keagaman (tahap 3) sebagai tindak lanjut hasil rekomendasi Lokakarya Istilah Keagamaan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tahun 2008 di Bogor, yang mengamanahkan kepada Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan menindaklanjutinya dengan menyusun Kamus Istilah Keagamaan (KIK). Sebagai rangkaian akhir dari kegiatan penyusunan KIK, diadakan pembahasan hasil entri entri KIK tanggal 10-12 Desember 2011 di Hotel Grand Cikarang Bekasi, sebagai kelanjutan dari pertemuan sebelumnya tanggal 18-20 agustus 2011, dan pertemuan 24-26 Agustus 2011 di Depok.

Untuk kegiatan pengembangan SDM peneliti, Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan mengadakan DIklat Penelitian Sejarah Kesultanan Islam Nusantara, bekerjasama dengan Pusdiklat Teknis Keagamaan, tanggal 26 September – 31 Oktober 2011. Diklati ini diikuti 30 peserta dari internal Puslitbang, UIN, STAIN, dengan narasumber yang berkompeten dari berbagai unsur seperti LIPI, UI, Arsip Nasional, dan Puslitbang. selain itu juga ada Diklat Penelitian Lektur Kontemporer tanggal 11-25 Oktober 2011 yang diikuti 20 peserta. Diklat ini menghadirkan narasumber Prof Dr. Ibnu Hamad (UI) Prof Rusdi Mukhtar (LIPI) Dr. Oman Fathurrahman (UIN Jakarta), Tommy Cristomy (UI)

Kegiatan lain puslitbang adlah bedah buku : Syarah Konstitusi UUD 45 Dalam Perspektif Islam” Karya Masdar Farid Mas’udi. Bedah buku ini dhadiri 40 orang dari berbagai direktorat di internal Puslitbang, STAIN, UIN, dan lainnya. Selain itu juga ada program Digitalisasi Manuskrip Keagamaan di Pontianak tanggal 17-22 Desember 2011, Monitoring Bantuan Penelitian Alumni Diklat untuk menguak Kearifan Lokal dalam Naskah Kuno.

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
You are here  :Depan arrow Ringkasan arrow Ringkasan Buletin Khazanah arrow Bulletin KHAZANAH Keagamaan Edisi III Tahun III, September-Desember 2011