Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementerian Agama RI

Bulletin KHAZANAH Keagamaan Edisi II Tahun II, Juli 2010 Cetak E-mail

Bulletin kali ini memberitakan beberapa kegiatan Puslektur  diantaranya tentang Seminar Internasional tentang Naskah Islam Nusantara, Seminar Filolog dan Penguatan Kajian Islam, kegiatan pelatihan Metode Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Temu Peneliti Lektur Keagamaan, Workshop Identifikasi Naskah Klasik Keagamaan.

Untuk kegiatan Seminar internasional Naskah Islam Nusantara, dilaksanakan tanggal 29 Juni – 1 Juli 2010 di Riau. Kegiatan ini hasil kerjasama Puslektur dengan Lemlit UIN Sultan Syarif Kasim dan Pemerintah Provinsi Riau. Hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut diantaranya Prof. DR. Azyumardi Azra dengan makalahnya “Islamisasi Nusantara: Penataan Ulang”. Dr. Dick Van Der Meij, Filolog asal Belanda dengan makalahnya:” Manuskrip Islam Nusantara”, Prof Dr. Titik Pujiastuti membawakan makalah” Manuskrip Islam Nusantara: Tinjauan Kodikologis”Prof. DR. MIfedwil Jandra dengan presentasinya” Islam dan Budaya Lokal: Kajian atas Manuskrip Kraton Yogyakarta”, Dr Erwiza Erman (LIPI) menyampaikan pokok pikirannya tentang Kedudukan Naskah Klasik dan Studi Sejarah Kesultanan Nusantara” dan Prof DR H.M Nazir Karim (UIN Suska) menyampaikan makalahnya tentang” Urgensi Kelembagaan Naskah Dalam Pengembangan Dunia Akademis dan Kebijakan Asia Tenggara”.

Seminar lain yang masih berkaitan dengan naskah klasik adalah seminar Filologi dan Penguatan Kajian Islam, tanggal 19 Juli 2010 yang diadakan oleh Puslektur bekerjasama dengan Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta. Sebagai Narasumber diantaranya Prof DR. Azyumardi Azra (UIN Jakarta), DR. Oman Fathurrahman, Dr. Fuad Jabali (UIN Jakarta), Prof Dr. Atho Mudzhar (UIN Jakarta/Ka Balitbang dan DIklat), Prof. DR. Henry Chambert, Prof. DR. Maidir Harun (Kepala Puslektur). Seminar tersebut menyimpulkan bahwa untuk menulis tentang sejarah Islam haruslah ditulis oleh orang Islam sendiri sehingga terhindar adanya distorsi dan bias karena factor factor ideologis dan politis. Selain itu perlu ada upaya menerbitkan kamus bahasa yang bisa digunakan memahami manuskrip naskah kuno.

Beberapa kendala yang selama ini dihadapi oleh Puslektur adalah keterbatasan SDM yang memiliki kemampuan untuk menulis dan mempublikasikan karya karyanya di media dan jurnal ilmiah. Untuk mengatasi masalah tersebut, Puslektur menyelenggarakan Pelatihan Metode Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Jurnal dan Karya Tulis Ilmiah pada Media Populer. Acara tersebut dilaksanakan tanggal 17 Mei 2010 , dengan menghadirkan dua narasumber yaitu M. Bashori Imron dari Kapusbindiklat LIPI dan Zaim Ukhrawi dari Redaktur Harian Republika. Menurut Bashori, ada  4 C sebagai prinsip utama yang harus dikuasai oleh seseorang dalam membuat sebuah karya tulis, yaitu competency/capacity, creatifity, commitment/integirity dan communication. Sedangkan Zaim Ukhrawi banyak menceritakan trik trik agar sebuah karya tulis bisa dimuat di media, diantaranya melalui manajemen penulisan dan manajemen penyajian.

Kegiatan lain puslektur selama semester kedua tahun 2010 diantaranya temu peneliti Puslektur tanggal 7-10 Juli 2010 di Hill Bukittinggi, dan Workshop Identifikasi naskah klasik keagamaan tanggal 30 Juli-1 Agustus 2010 di Grand Zuri Hotel, Cikarang, Jawa Barat. Untuk Temu Alumni diikuti sebanyak 36 orang dari peserta alumni diklat yang berasal UIN, STAIN, IAIN, dan peneliti Puslektur. Sedangkan kegiatan workshop menghadirkan nara sumber Prof.Dr. Russel Jones, ahli watermark dari SOAS (School of Oriental and Asia Studies) London, serta dua nara sumber dari UI dan Kemendiknas.

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
You are here  :Depan arrow Ringkasan arrow Ringkasan Buletin Khazanah arrow Bulletin KHAZANAH Keagamaan Edisi II Tahun II, Juli 2010