Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementerian Agama RI

Jurnal Lektur Keagamaan Vol. 9, No. 2, November 2011 Cetak E-mail

Pada edisi ini terdapat sembilan tulisan terkait lektur dan khazanah keagamaan. Tulisan pertama mengetengahkan karya Fakhriati dari Pusat Lektur dan Khasanah Keagamaan Balitbang dan Diklat Kementerian Agama RI. Ia membahas tentang model ramuan alami yang diolah untuk pengobatan tradisional oleh masyarakat Aceh berdasarkan isi teks naskah kuno Pidie, Aceh. Isi teks naskah tersebut juga dibandingkan dengan naskah-naskah Aceh lainnya dan naskah-naskah kuno dari daerah lain seperti naskah Mataram dan naskah Jawa.

Tulisan berikutnya, yang mengkaji tentang asal usul dan sisilah tarekat yang ada di Cirebon, disusun oleh Idham Kholid dari STAIN Cirebon. Melalui wawancara dan analisis data menggunakan pendekatan sejarah, dapat diketahui bahwa silsilah tarekat di Cerebon semuanya sampai kepada Rasulullah SAW. Ada dua bentuk tarekat, yakni organisasi dan amali. Dari delapan tarekat di Cirebon, hanya dua tarekat yang terpolarisasi secara orgaisatoris. Selain itu, kajian ini membuat polarisasi tarekat dalam tiga kategori, yakni internasional, nasional, dan lokal.

Tulisan Suparwani dari STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Aceh Timur membahas unsur-unsur politis dalam hikayat yang tersebar di kalangan masyarakat Aceh. Bagi masyarakat Aceh, hikayat berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai agama Islam. Ulama di era perjuangan kemerdekaan kala itu menulis hikayat untuk mengobarkan semangat jihat melawan penjajah. Kuatnya pengaruh hikayat membuat perang di Aceh menjadi perang yang paling lama dihadapi Belanda di Indonesia.

Mukhlis dari Fakultas Syariah IAIN Mataram membahas tentang Kakidi Ro Kahoso Kai Sambeya, salah satu naskah kuno Kesultanan Bima. Naskah ini dikategorikan sebagai teks fikih yang membahas rukun niat sembahyang: bagaimana pelafalannya, cara pelaksanaannya, dan variasi lafalnya jika dihubungkan dengan jenis-jenis sembahyang tertentu.nTulisan selanjutnya adalah buah tangan Zainul Adzfar dari UIN Walisongo Semarang. Ia membahas tentang filsafat kenabian dalam Islam di tanah Jawa berdasarkan Kitab Layang Ambyok. Dari kitab ini diketahui bahwa ajaran Islam berakulturasi dengan budaya Jawa. Narasi kisah-kisah nabi dalam kitab ini lebih bersifat dongeng dan legenda saja yang dipakai sebagai deskripsi mengenai bentuk-bentuk ideal organisasi sosial, politik, dan keagamaan.

Sedangkan karya Asep Saefullah, merupakan inskripsi keagamaan di tiga situs di Banten, yakni Masjid Caringan, Masjid Al-Khusaeni, dan Meriam Ki Amuk. Penelitian ini merupakan kajian epigrafi yang meliputi penyajian data secara deskriptif, pembacaan, dan transliterasi inskripsi dan pemaknaannya. Dari hasil kajian ini ditemukan bahwa hampir semua inskripsi tersebut dapat ditemukan dalam kitab-kitab keagamaan yang umum digunakan di pesantren-pesantren di Indonesia, bahkan beberapa di antaranya merupakan karya putera Banten, yakni Syekh Nawawi al-Bantani.

Ahwan Fanani dari UIN Walisongo Semarang menyajikan analisis teks melalui pendekatan intertekstualitas tentang naskah Kitab al-Aqidah karya Karya Kyai Abu Khoir dari Kaliwungu, Kendal. Naskah tersebut berisi tentang aqidah yang merupakan objek ilmu kalam.

Selanjutnya karya Zubair dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, berusaha mengungkap pemikiran Abd al-Samad al-Palimbani tentang hukum jihad dalam Islam dan kontribusinya terhadap pergerakan perjuangan kemerdekaan melawan Belanda di Indonesia. Pemikirannya terungkap dalam karya yang masih berupa manuskrip berjudul Nasihat al-Muslimin wa Tazkirat al-Mu’minin. Pada tulisan terakhir di edisi ini, Nurman Kholis dari Pusat Lektur dan Khasanah Keagamaan Balitbang dan Diklat Kementerian Agama RI, melakukan tinjauan terhadap buku berjudul Bidayah al-Hidayah karya Muhammad Zain Al-Arsyi’. Dalam tulisan ini digambarkan beberapa tema yang ada dalam naskah menggunakan teknik menangkap ikan (go fishing). Untuk mengungkap fungsi sosial naskah, digambarkan sekilas biografi Muhammad Zain Al-Arsyi’.

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
You are here  :Depan arrow Ringkasan arrow Ringkasan Jurnal Lektur arrow Jurnal Lektur Keagamaan Vol. 9, No. 2, November 2011