Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementerian Agama RI

Kajian Dan Penulisan Sejarah Kesultanan Tahun 2012 Cetak E-mail

Kajian dan Penulisan sejarah kesultanan berangkat dari asumsi semakin terabaikan dan tidak ditulisnya sejarah kesultanan Islam lokal, tak terkecuali penulisan sejarah kesultanan Inderapura-Sumatera Barat, Cirebon-Jawa Barat, Serdang-Sumatera Utara, Sumbawa-NTB, dan Surakarta-Jawa Tengah. Hal itu mengakibatkan materi tersebut tidak terdapat dalam bahan ajar sejarah dari tingkat dasar, menengah dan atas. Di samping itu juga mulai hilangnya sebagian khazanah keislaman yang memiliki nilai yang sangat tinggi sehingga tidak dikenal dan diteladani. Untuk itu  perlu dilakukan penelitian untuk mengungkap sejarah kesultanan Inderapura-Sumatera Barat, Cirebon-Jawa Barat, Serdang-Sumatera Utara, Sumbawa-NTB, dan Surakarta-Jawa Tengah, terkait dengan  asal usul, tahun pemerintahan, sultan, pemerintahan dan perannya dalam membangun masyarakat dan agama Islam, serta hubungannya dengan kerajaan Islam lainnya yang sejaman dan adat istiadat, nilai-nilai budaya.

Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk menghadirkan naskah Historiografi Kesultanan Inderapura-Sumatera Barat, Cirebon-Jawa Barat, Serdang-Sumatera Utara, Sumbawa-NTB, dan Surakarta-Jawa Tengah, sehingga tujuan akhirnya adalah untuk meningkatnya pengetahuan masyarakat dan peserta didik tentang terhadap Historiografi Kesultanan Inderapura-Sumatera Barat, Cirebon-Jawa Barat, Serdang-Sumatera Utara, Sumbawa-NTB, dan Surakarta-Jawa Tengah.

Rekomendasi dari kegiatan ini menyarankan perlunya memperbanyak kajian penulisan sejarah kerajaan/kesultanan Islam lokal di  Indonesia. Di samping itu juga perlu ditingkatkan kerjasama antara Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan dengan berbagai unsur terkait seperti UIN/IAIN/STAIN, Pemda, Diknas, dan pemerhati kajian sejarah  untuk melakukan kajian dan penulisan sejarah kerajaan/kesultanan Islam lokal di Indonesia.

 

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
You are here  :Depan arrow Ringkasan arrow Ringkasan Penelitian arrow Kajian Dan Penulisan Sejarah Kesultanan Tahun 2012