Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementerian Agama RI

REFORMASI ISLAM DUNIA MELAYU-INDONESIA Cetak E-mail

Studi Pemikiran, Gerakan, dan Pengaruh

Syaikh Muhammad Thahir Jalal al-Din

1869 – 1956

Penulis: Dr. Mafri Amir, M.A.

 

Buku ini menyajikan studi pemikiran, gerakan, dan pengaruh Syaikh Muhammad Thahir Jalal al-Din yang hidup pada pertengahan abad 19 M hingga awal abad 20 M. Pada saat itu, kondisi umat Islam di dunia Melayu-Indonesia berada pada posisi tertinggal. Lembaga pendidikan agama hanya berlangsung di rumah-rumah, surau-surau atau masjid-masjid, dan beberapa pondok atau pesantren yang semuanya bersifat tradisional.

Perubahan untuk menuju ke arah kemajuan umat Islam di dunia Melayu-Indonesia baru kelihatan pada awal abad ke-20, ketika beberapa tokoh reformis Islam menyampaikan gagasan-gagasan baru dan meluncurkan gerakan pembaharuan. Termasuk dalam hal ini adalah Syaikh Muhammad Thahir Jalal al-Din yang disajikan dalam buku ini. Beliau dikenal sebagai seorang reformis Islam penting di dunia Melayu-Indonesia dan tokoh pertama yang membawa pembaharuan bercorak Mesir ke kawasan ini. Ketokohan beliau cukup menonjol dalam barisan reformis yang dapat merubah peta sebagian umat Islam yang tradisional di kawasan ini.

Buku ini menarik untuk disimak, tidak saja oleh kalangan akademisi, tetapi juga setiap orang yang berminat memperkaya wawasan berdasarkan kajian filologi yang diangkat dari manuskrip atau naskah klasik.

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
You are here  :Depan arrow Artikel arrow REFORMASI ISLAM DUNIA MELAYU-INDONESIA