Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementerian Agama RI

MENELUSURI TAREKAT SYATTARIYAH DI ACEH LEWAT NASKAH Cetak E-mail

Penulis: Dr. Fakhriati

 

Salah satu tarekat yang cukup berpengaruh di Aceh adalah Tarekat Syattariyyah. Tarekat ini pertama kali disebarkan oleh Abdurrauf al-Fansuri, kemudian menyebar ke berbagai kawasan di nusantara. Namun dalam perkembangannya, tarekat ini di Aceh mengalami dinamika tersendiri, berbeda dari daerah-daerah lain.

Mengenai kekhasan dinamika tersebut ditelusuri kembali melalui berbagai naskah Syattariyyah karya para tokoh tarekat sejak masa Abdurrauf al-Fansuri hingga masa kemerdekaan yang tersebar di pusat-pusat informasi, baik di daerah Aceh maupun di Kualalumpur.

Analisis yang ditampilkan lewat pendekatan filologi, sejarah sosio-intelektual, teologi, dan syariat, buku ini berhasil menyajikan sebuah karya yang bersumber pada naskah-naskah klasik untuk para pembaca. Semula buku ini adalah merupakan disertasi pada Universitas Indonesia,  yang diangkat kembali dalam terbitan buku dengan berbagai perbaikan, perubahan atau penyempurnaan. Sebagai sebuah hasil disertasi yang sangat mendasar dan komprehensif, buku ini sangat berharga bagi kalangan akademisi dan pembaca pada umumnya yang hendak memahami keberadaan Tarekat Syattariyyah di Aceh dan perkembangannya sesuai dengan kondisi dan budaya.

 
Berikutnya >
You are here  :Depan arrow Artikel arrow MENELUSURI TAREKAT SYATTARIYAH DI ACEH LEWAT NASKAH