Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementerian Agama RI

TEMA DAN WACANA ARTIKEL KEAGAMAAN DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI Cetak E-mail

Editor: Prof. Dr. H. Maidir Harun, Drs. H. Muchlis

 

Tema dan wacana keagamaan yang terekam dalam jurnal ilmiah di lingkungan PTAIN cukup beragam. Salah satu asumsi yang menyatakan bahwa paham liberalisme dikembangkan di IAIN/UIN ternyata tidak terwakili dalam artikel pada jurnal ilmiah di PTAIN tersebut. Kenyataan ini merupakan salah satu kesimpulan dari hasil penelitian dengan studi kasus pada jurnal ilmiah di 14 PTAIN yang dilaksanakan oleh Puslitbang Lektur Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat, Departemen Agama RI, tahun 2007 yang lalu. Kecenderungan liberal termasuk yang jarang muncul dalam jurnal di PTAIN, yaitu sembilan artikel dari 1.037 artikel yang dikaji atau 0,87%. Demikian juga dengan tema fundamentalisme. Bahkan, kecenderungan ini tidak ditemukan kecuali artikel yang membahas fenomena gerakan atau pemikirannya; artinya, bukan artikel itu sendiri yang dikategorikan fundamentalis. Penelitian ini sementara menyimpulkan bahwa kecenderungan moderat masih mawarnai wacana keagamaan yang terekam dalam jurnal ilmiah di lingkungan PTAIN, setidaknya dari kasus 14 PTAIN.

Adapun dari segi tema atau bidang kajiannya ditemukan bahwa tema “Pendidikan Islam dan Ilmu Jiwa” merupakan yang terbanyak, yaitu 201 artikel dari 1.037 artikel (sekitar 19.38%). Sedangkan tema yang paling jarang ditemukan adalah tentang “Sains dan Teknologi” yang berjumlah sembilan  artikel atau 0,87%. Hal ini dapat dimaklumi karena perkembangan PTAIN dengan munculnya beberapa Universitas Islam Negeri (UIN) relatif masih baru, yakni sekitar awal tahun 2000-an.

Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam buku “Tema dan Wacana Artikel Keagamaan” oleh Puslitbang Lektur Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat, Departemen Agama RI, tahun 2008. Buku setebal 128 halaman ini dibagi menjadi lima bagian, yaitu: 1) Pendahuluan, 2) Sasaran Penelitian, 3) Tema Bahasan Artikel Keagamaan dalam Jurnal PTAIN, 4) Corak Pemikiran Artikel Keagamaan dalam Jurnal PTAIN, dan 5) Penutup. Selanjutnya berisi daftar pustaka dan lampiran sebanyak 16 halaman yang memuat hasil diskusi seminar hasil penelitian dan komentar dari narasumber. Buku ini merupakan rangkuman hasil penelitian sehingga detail-detail setiap jurnal yang menjadi sasaran penelitian tidak disertakan di dalamnya. Sebagai penelitian rintisan, hasil penelitian ini dapat menjadi bahan penelitian lebih lanjut tentang tema dan wacana keagamaan dalam skala yang lebih besar di lingkungan PTAIN. [ ]

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
You are here  :Depan arrow Artikel arrow TEMA DAN WACANA ARTIKEL KEAGAMAAN DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI