Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Kementerian Agama RI

EKSPLORASI DAN DIGITALISASI NASKAH KLASIK KEAGAMAAN NUSANTARA Cetak E-mail
Berkenaan dengan kebijakan Puslitbang Lektur Keagamaan di bidang konservasi khazanah keagamaan, telah ditetapkan 3 (tiga) langkah strategis yaitu: 1) Mendorong masyarakat per-orangan/lembaga agar menjaga atau melestarikan nas-kah keagamaan nusantara. 2) Membangun sinergi dengan instansi dan lembaga untuk mengembangkan konservasi naskah keagamaan. 3) Membangun dan mengembangkan jaringan untuk menyebarluaskan informasi dan data tentang naskah keagamaan nusantara.


Sebagai perwujudan dari langkah tersebut, telah dilaksanakan kegiatan dalam ruang lingkup pelestarian naskah klasik keagamaan nusantara, selama periode bulan Februari hingga Juli yaitu 1). Orientasi Peningkatan dan Pengembangan Kualitas Tenaga Teknis Digitalisasi Khazanah Ke-agamaan pada tanggal 17 Februari 2009 di Pekanbaru, yang menghasilkan Tim Eksplorasi sejumlah 40 orang untuk melakukan in-ventarisasi dan deskripsi naskah-naskah klasik kea-gamaan di daerah masing-masing. 2) DDTK (Diklat Di Tempat Kerja), Fotografi digital yang melibatkan 20 orang  peserta yang akan dijadikan tim fotografer naskah, pada tanggal 11-12 Maret 2009, 3) Workshop Digitalisasi Naskah dan Pengembangan Portal Naskah Nusantara. Pada tanggal 24 - 27 Juni 2009 di Solo. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Thoralf Honsten dari Universitas Leipzig, Jerman, kegiatan ini dihadiri 60 orang peserta dari seluruh Indonesia.     
Sampai dengan bulan Juli 2009 Tim Eksplorasi dan Digitalisasi naskah klasik keagamaan Puslitbang Lektur telah mengumpulkan dan  mendigitalisasi  sejumlah 321 naskah dari 11 wilayah di Indonesia antara lain dari Sumbar 41 naskah, Kerinci 23 naskah, Sumsel 19 naskah, Banten 20 naskah, DKI Jakarta 38 naskah, Jabar 27 naskah, Cirebon 25 naskah, Semarang (Jateng) 23 naskah, Madura 40 naskah, Sulsel 22 naskah, Sulbar 24 naskah.[ ]

Naskah Pati

 
< Sebelumnya   Berikutnya >
You are here  :Depan arrow Artikel arrow EKSPLORASI DAN DIGITALISASI NASKAH KLASIK KEAGAMAAN NUSANTARA